Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Pamerkan Checkmate, Jet Tempur Generasi 5 Terbaru Mereka

Kompas.tv - 21 Juli 2021, 14:27 WIB
rusia-pamerkan-checkmate-jet-tempur-generasi-5-terbaru-mereka
Penampakan Su-75 Checkmate, jet tempur siluman terbaru Rusia, dengan kelengkapan tercanggih dari Su-57 namun berukuran lebih kecil, mampu terbang Mach-2 dengan radius tempur 3.000km (Sumber: TASS)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

 

MOSKOW, KOMPAS.TV -- Rusia memamerkan prototipe jet tempur mesin tunggal berbobot ringan generasi kelimanya, "Checkmate", dalam ajang International Aviation and Space Salon (MAKS) 2021 yang dimulai di pinggiran Kota Moskow pada Selasa (20/07/2021).

 

Pesawat tempur itu diklaim Rusia "sepenuhnya baru" dan digadang-gadang memiliki visibilitas rendah, performa terbang tinggi, serta bantuan kecerdasan buatan bagi pilot, papar raksasa teknologi tinggi Rusia, Rostec State Corporation, yang mengembangkan pesawat itu.

“Apa yang kami lihat di Zhukovsky hari ini menunjukkan bahwa penerbangan Rusia memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan industri pembuatan pesawat kami terus menciptakan desain pesawat baru yang kompetitif,” kata Putin dalam pidato pembukaan pameran tersebut.

Jet tempur siluman ini disebut-sebut sebagai pesaing F-35 milik Amerika Serikat.

Seperti dilansir kantor berita Rusia TASS, Rabu, (21/07/2021), Rostec United Aircraft Corporation berencana untuk memulai produksi serial jet tempur bermesin tunggal Sukhoi Checkmate pada tahun 2026, kata CEO UAC Yuri Slyusar selama presentasi di pameran MAKS-2021.

“Uji coba statis pesawat baru akan selesai dalam satu tahun. […] Pesawat serial akan tersedia untuk klien sejak 2026,” katanya.

Pesawat itu harus lepas landas terlebih dahulu pada 2023 dan sebelum itu akan menjalani tes darat yang kompleks.

Baca Juga: Rusia Kerahkan Pasukan Tank ke Perbatasan Afghanistan dari Pangkalan Tajikistan

Sebuah prototipe jet tempur Checkmate dipertunjukkan dalam pameran kedirgantaraan MAKS pada 20 Juli 2021 (Sumber: Kremlin)

UAC berencana untuk memproduksi 300 jet tempur taktis ringan bermesin tunggal ini dalam 15 tahun ke depan, kata Slyusar.

Checkmate menggunakan mesin dan peralatan elektronik penerbangan atau avionik yang sama dengan pesawat jet tempur mesin ganda kelas berat generasi kelima Rusia, Su-57, yang menjamin perkembangan pesat jet baru tersebut, ujar CEO Rostec Sergei Chemezov.

Kecanggihan lainnya dari jet tempur siluman ini memiliki jangkauan tempur 3.000 KM.

Satu unit Checkmate dilaporkan akan dibanderol dengan harga 25-30 juta dolar AS, membuatnya relatif terjangkau di pasar persenjataan internasional, imbuhnya.

Butuh waktu lima setengah tahun sebelum pengiriman pertama jet tempur itu dapat dilakukan ke pelanggan, menurut laporan media setempat.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa melihat langsung prototipe Checkmate di pameran kedirgantaraan MAKS.



Sumber : Kompas TV/Xinhua/Tass

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.