Kompas TV klik360 sinau

Apakah Sapi Bisa Berenang? Begini Faktanya

Kamis, 22 Juli 2021 | 12:56 WIB

KOMPAS.TV - Berenang adalah kemampuan khusus untuk bergerak di air tanpa perlengkapan buatan.

Seperti manusia, hewan juga ada yang mahir berenang, ada pula yang berusaha keras hanya untuk mengapung di air.

Selain ikan, ada juga bebek, angsa, kura-kura dan berang-berang yang mahir berenang di dalam air.

Ternyata, sapi merupakan salah satu hewan yang termasuk perenang yang kuat. Di peternakan misalnya, berenang merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan sapi.

Di Irlandia, ada kawanan sapi yang setiap tahunnya berenang melewati sebuah danau untuk merumput.

Tiap tahun, para peternak di sana memimpin kawanan sapi untuk berenang sejauh hampir 100 meter saat musim panas.

Kejadian menarik di tahun 2019, tiga ekor sapi diberitakan berenang melintasi hampir 8 kilometer dari Samudra Atlantik setelah terseret banjir.

Ketika Badai Dorian menghantam Pulau Cedar, Amerika Serikat pada September 2019, badai itu menyapu sapi-sapi tersebut secara tiba-tiba.

Sapi-sapi tersebut kemudian ditemukan sedang merumput di Outer Banks North Carolina.

Tidak hanya sapi, ternyata kucing, domba dan babi juga perenang yang kuat di dunia hewan.

Walaupun tidak suka dengan air, kucing akan berenang jika terpaksa. Bahkan, mamalia besar seperti gajah, adalah perenang yang baik.

Beberapa ahli mengatakan, belalai gajah berevolusi menjadi alat penyelam alami. Gajah bisa berenang hampir 30 mil atau sekitar 50 kilometer dalam sekali waktu.

Meski demikian, tidak semua mamalia bisa berenang dan lebih suka tinggal di tanah kering seperti jerapah dan simpanse.(*)

Grafis: Agus Eko Apriyanto

Penulis : Sunbhio Pratama

Sumber : kompas.com




BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Usia Tua Tapi Belum Berubah

Sabtu, 18 September 2021 | 21:10 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:21
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19