Kompas TV TALKSHOW inspirasi sehat

Ketahui Penyebab dan Cara Tepat Tangani Kelainan Bentuk Kaki pada Anak

Kompas.tv - 21 Juli 2021, 13:12 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Kelainan pada bentuk kaki, biasanya sering terjadi pada anak-anak, hal ini disebabkan karena kelainan tulang sejak lahir.

Kelainan tulang pada anak ini, biasanya terlihat dari bentuk kaki anak yang berbentuk X atau O. Namun bagi anda orang tua yang memiliki anak dengan gejala kaki yang berbentuk X dan O, tidak perlu khawatir, karena kondisi ini dapat dikelola, untuk mencegah tingkat keparahan, kelainan tulang ini.

Terkadang kita menemui bantuk kaki anak-anak yang menyerupai X dan O. Hal ini dapat terlihat jelas, ketika sang anak dalam posisi berdiri, berjalan dan berlari.

Terjadinya bentuk kaki X ataupun bentuk kaki O yang, umumnya memiliki banyak sebab yang berbeda.

Pada kaki bentuk X diantarnya adalah osteomielitis atau infeksi tulang, lalu rakhitis, reumatik, osteachondroma, arthritis, osteodistrofi ginjal, cedera tulang, obesitas, dan multiple epiphyseal dysplasisa.

Sedangkan pada kaki bentuk O, dapat disebabkan antar lain pertumbuhan tulang yang tidak selaras. blount, rachitis, dan osteoarthritis.

Lalu bagaimana cara mengantisipasi agar hal ini tidak terjadi dan bagaimana cara yang tepat dalam menangani kelainan ada bentuk kaki ini? Temukan jawabannya di Ayo Sehat!

Disclaimer: Program ini sudah pernah tayang pada 13 April 2021



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x