Kompas TV internasional kompas dunia

Hujan Badai di China Tengah Sebabkan Banjir, 12 Orang Tewas

Rabu, 21 Juli 2021 | 11:06 WIB
hujan-badai-di-china-tengah-sebabkan-banjir-12-orang-tewas
Hujan sangat deras mengakibatkan banjir di Zhengzhou, ibu kota provinsi Henan di China, Selasa (20/7/2021). (Sumber: Chinatopix Via AP)

BEIJING, KOMPAS.TV – Sedikitnya 12 orang tewas dalam banjir parah di ibu kota provinsi di China pada Selasa (20/7/2021). Banjir menghanyutkan banyak kendaraan membuat ratusan orang terjebak.

Hujan lebat selama sekitar sejam, dari pukul 4 hingga 5 sore waktu setempat, membuat kota Zhengzhou, ibu kota provinsi Henan terendam banjir hingga ketinggian 20 sentimeter.

Melansir Associated Press, derasnya hujan mengubah jalan menjadi sungai yang mengalir deras dan membanjiri stasiun kereta bawah tanah. Unggahan video yang beredar di media sosial menunjukkan seluruh kawasan tertutup air setinggi pinggang orang dewasa dan mobil mengambang di air berlumpur.

Baca Juga: Dua Pasang Panda Kembar Lahir pada Hari yang Sama di Provinsi Sichuan China

Di utara Zhengzhou, Kuil Shaolin yang kondang dengan para biksu Buddha yang mahir seni bela diri, terdampak parah. Di provinsi Henan terdapat banyak situs budaya dan markas industri dan pertanian.

Xinhua melaporkan, akibat banjir, sebanyak 12 orang tewas dan 100.000 lainnya terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Hujan deras mengguyur kota Zhengzhou, ibu kota provinsi Henan, China, Selasa (20/7/2021). (Sumber: Chinatopix Via AP)

Sejumlah warga lain yang terjebak banjir juga terpaksa bermalam di tempat kerja mereka, atau menginap di hotel.

Baca Juga: China Ancam Serang Jepang dengan Bom Nuklir Jika Ikut Campur Membela Taiwan

Wang Guirong (56), seorang manajer restoran, berencana tidur di kursi di restoran tempatnya bekerja setelah mengetahui bahwa listrik di lingkungannya padam. Perusahaan listrik negara, Zhengzhou Power Supply Co. menyatakan, gardu induk di pusat kota terpaksa dipadamkan karena hujan.

“Saya tinggal di Zhengzhou seumur hidup saya dan belum pernah melihat badai hujan deras separah ini,” ujar Wang.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV/Associated Press/Xinhua


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:23
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19