Kompas TV nasional berita utama

Ini Alasan Pemerintah Bikin Keputusan Pembukaan Bertahap Setelah Perpanjangan PPKM Darurat 25 Juli

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 23:45 WIB
ini-alasan-pemerintah-bikin-keputusan-pembukaan-bertahap-setelah-perpanjangan-ppkm-darurat-25-juli
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan keputusan perpanjangan PPKM Darurat di program B-Talk Kompas TV, Selasa (20/7/2021) (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan membuka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat secara bertahap pada 26 Juli 2021.

Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan keputusan untuk pembukaan bertahap ini berkaca dari negara lain.

Menurut Luhut tidak ada negara di dunia yang langsung membuka secara keseluruhan aktivitas dan mobilisasi masyarakat setelah menjalankan pembatasan.

Baca Juga: Luhut Ungkap Alasan PPKM Darurat Diperpanjang Hingga 25 Juli 2021

Apalagi virus Corona varian Delta yang saat ini beredar di masyarakat memiliki penularan yang tujuh kali lipat dari varian Alpha.

"Kalau kita lihat pengalaman di India, pengalaman di Malaysia, pengalaman di mana-mana lagi kalau dibuka langsung naik lagi, eksponensial. Kita enggak mau itu terjadi," ujar Luhut dalam program B-Talk Kompas TV, Selasa (20/7/2021) malam.

Luhut menembahkan saat ini pihaknya telah menempatkan empat level dalam PPKM. Level 4 seperti yang dijalankan sekarang ini, yakni PPKM Darurat.

Kemudian semakin rendah tingkat level maka kasus harian Covid-19 semakin menurun.

Menurut Luhut, saat ini sudah ada daerah yang masuk di level 3 karena kurva kasus harian sudah mendatar atau flattening. Bahkan banyak daerah yang cenderung menurun.

Baca Juga: Menko Luhut Instruksikan Distribusi Paket Obat dan Bansos Didata dengan Baik



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x