Kompas TV nasional peristiwa

Info Cuaca BMKG Hari Ini, Rabu 21 Juli 2021: 11 Daerah Bakal Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Kompas.tv - 21 Juli 2021, 05:00 WIB
info-cuaca-bmkg-hari-ini-rabu-21-juli-2021-11-daerah-bakal-hujan-lebat-disertai-angin-kencang
Motor tetap berjalan dibawah guyuran hujan disertai angin yang menguyur kawasan Bundaran HI, Menteng Jakarta Pusat, Rabu (14/4/2021). Angin dan terbatasnya jarak pandang sangat membahayakan pengendara motor. (Sumber: WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN )
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Prakiraan cuaca hari ini, Rabu (21/7/2021) atau pada hari kedua Iduladha seperti prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terpantau 17 wilayah di Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem.

Melansir laman bmkg.go.id, ke-17 wilayah tersebut terbagi dalam 11 daerah berpotensi alami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Di antaranya adalah Lampung, Banten, Jawa Barat, Gorontalo, dan Bengkulu.

Setelah itu sisanya enam wilayah lainnya berpotensi hujan yang dapat disertai petir hingga angin kencang.

Dalam keterangannya, BMKG menyebut sirkulasi siklonik terpantau di perairan Barat Sumatera Barat - Bengkulu yang membentuk daerah konfluensi di perairan barat Sumatera Barat-Bengkulu.

Baca Juga: Info Prakiraan Cuaca BMKG Senin 19 Juli 2021, Banten sampai Papua Hujan Lebat dan Angin Kencang

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, di Jawa Timur, di Nusa Tenggara Timur bagian Timur, di Kalimantan Tengah bagian Utara, dan di Kalimantan Selatan.

Kemudian, dari Kalimantan Tengah bagian Utara hingga Kalimantan Utara, di Laut Flores, di Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Laut Banda, di Laut Maluku dan dari Papua hingga Papua Barat.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca Juga: Muncul Deteksi Bibit Siklon Tropis, BMKG: Tak Berpengaruh, Potensi Hujan karena Fenomena Lain

Berikut ini wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

- Bengkulu

- Lampung

- Banten

- Jawa Barat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.