Kompas TV feature food story

Pesta Makan di Baubau, Pusat Kerajaan Buton Masa Lalu

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 23:01 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Pada episode kali ini, Benoe mau mengajak foodlovers pergi ke Baubau. Kota yang menjadi pusat kerajaan Buton di masa lalu.

Kota dengan ciri khas perairan yang indah dan memiliki benteng terluas di dunia. Tak hanya penoramanya yang memukau, tapi juga budaya santapannya. Masyarakat Buton akrab dengan tradisi pesta makan. Benoe ikut merayakan HUT kota Baubau dan datang ke acara Haroa atau prosesi doa bersama.

Ada banyak talang-talang berisi makanan yang berjajar rapi siap untuk disantap setelah prosesi doa selesai dilakukan. Salah satu menu yang bikin penasaran adalah Nasu Wolio yang artinya masakan Buton. 

Hidangan ini lazim disajikan dalam acara adat. Benoe mau belajar cara memasaknya Nasu Wolio berbahan ayam. Benoe juga punya kesempatan mengikuti acara Pakande-kandea yang berarti makan-makan. Ada banyak makanan khas Buton disajikan dalam talang.

Kalau berkunjung ke Baubau, jangan lewatkan untuk mencicipi sup ikan dengan Kuah Kuning yang bernama Ikan Parende. Benoe menikmatinya bersama Kasoami, salah satu jenis olahan singkong yang dulu sempat jadi makanan pokok masyarakat Buton.

Ada satu lagi tradisi yang berhubungan dengan pesta makanan, namanya Busiana Lipu. Prosesi adat dari desa Kaisabu, kecamatan Sora Wolio, kota Baubau ini berarti pembersihan desa dan menandai pergantian dari musim panen ke musim tanam.

Video ini tayang pada tanggal 25 November 2018.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x