Kompas TV nasional sapa indonesia siang

Selasa Bahasa: Sinonim Kata Penthouse dalam KBBI

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 18:12 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Dalam Selasa Bahasa kali ini kita akan membahas mengenai kata penthouse, kata yang kerap digunakan untuk menyebut apartement atau kamar hotel yang berada di paling atas gedung.

Kamus Besar Bahasa Indonesia sudah memiliki sinonim yang sama untuk penthouse. Kira-kira apakah Anda tahu? Yuk kita simak informasinya.

Di sebuah kota modern yang maju biasanya akan dikelilingi oleh banyak gedung pencakar langit, termasuk gedung hunian yang biasa disebut apartemen dan biasanya setiap apartemen atau hotel mewah memiliki sebuah lantai khusus yang berada di paling atas gedung dan diberi nama penthouse.

Kata penthouse yang berasal dari bahasa Inggris, tetapi menjadi umum digunakan seiring penggunaannya yang kerap dipakai dalam bahasa sehari-hari.

Kata penthouse pun kian banyak bermunculan dalam judul berita daring dan seakan pembaca tidak menyadari bahwa sebenarnya Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki sinonim kata yang sama dengan penthouse.

Riya tawang, padahal kata yang tepat dalam bahasa Indonesia untuk memberi istilah untuk setiap apartement atau kamar hotel yang berada di paling atas gedung.

Namun kata griya tawanglah yang kini malah terdengar asing di telinga.

Padahal sejumlah artikel berita juga sudah mulai menggunakan kata griya tawang untuk mengenalkan bahasa Indonesia yang tepat.

Nah, jika kini Anda sudah tahu bahwa griya tawang merupakan sinonim dari penthouse maka tak ada salahnya Anda menggunakan kata dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk melestarikan bahasa kita sendiri.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.