Kompas TV internasional kompas dunia

Benua Amerika Sumbang Seperempat Kasus Covid-19 dan 40 Persen Kematian Global akibat Pandemi

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 17:26 WIB
benua-amerika-sumbang-seperempat-kasus-covid-19-dan-40-persen-kematian-global-akibat-pandemi
Para tenaga kesehatan membawa seorang pasien ke sebuah ambulans di luar NYU Langone Medical Center di New York, Amerika Serikat, pada 8 Januari 2021. (Sumber: Xinhua/Michael Nagle)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

JENEWA, KOMPAS.TV -- Benua Amerika menyumbang seperempat lebih dari seluruh jumlah kasus Covid-19 yang dilaporkan di seluruh dunia, juga 40 persen dari total kematian global akibat penyakit itu. Demikian hal tersebut dilaporkan sejumlah pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin (19/07/2021).

"Hampir 1 juta kasus dilaporkan di Benua Amerika pekan lalu," ujar Maria van Kerkhove, Pemimpin Teknis WHO untuk Covid-19 dalam sesi tanya jawab langsung via media sosial pada Senin sore.

"Di Brasil, terdapat hampir 300.000 kasus yang dilaporkan pekan lalu. Di Amerika Serikat, ada 200.000 lebih kasus yang dilaporkan," tambahnya.

Van Kerkhove juga memperingatkan, puncak tingkat penularan telah diamati di benua tersebut, seraya beralasan "kawasan itu terjebak pada tingkat intensitas yang sangat tinggi, dan tidak dapat menurunkan penularan tersebut."

Baca Juga: Ini Dampak Ngebutnya Brasil Vaksinasi Covid-19 untuk Warganya

Pegawai kesehatan di Brasil menguburkan korban Covid-19 yang meninggal. Jumlah kematian karena Cvid-19 di negara itu telah mencapai 500.000 jiwa. (Sumber: AP Photo/Bruna Prado)

Dunia pada umumnya mencatatkan penambahan jumlah kasus global sebesar 11,5 persen pekan lalu, kata sejumlah pejabat WHO, dengan Eropa dan Pasifik Barat menjadi yang paling terdampak.

Benua Amerika mengalami penambahan moderat sebesar 0,5 persen, kendati beberapa negara dilanda lonjakan kasus penularan yang sangat tajam yang kemungkinan disebabkan kemunculan varian baru, papar Van Kerkhove.

Namun, varian baru Lambda yang kali pertama diidentifikasi di Amerika Selatan, tampaknya bukan menjadi penyebab lonjakan jumlah kasus karena varian itu mulai "dikalahkan" oleh varian lain, tambahnya.

"Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan wilayah-wilayah lain di seluruh dunia butuh lebih banyak pasokan vaksin jika mereka ingin memutus siklus kasus yang mematikan ini," tutur Michael Ryan, Direktur Eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO.



Sumber : Kompas TV/Xinhua

BERITA LAINNYA



Close Ads x