Kompas TV internasional kompas dunia

Benua Amerika Sumbang Seperempat Kasus Covid-19 dan 40 Persen Kematian Global akibat Pandemi

Selasa, 20 Juli 2021 | 17:26 WIB
benua-amerika-sumbang-seperempat-kasus-covid-19-dan-40-persen-kematian-global-akibat-pandemi
Para tenaga kesehatan membawa seorang pasien ke sebuah ambulans di luar NYU Langone Medical Center di New York, Amerika Serikat, pada 8 Januari 2021. (Sumber: Xinhua/Michael Nagle)

JENEWA, KOMPAS.TV -- Benua Amerika menyumbang seperempat lebih dari seluruh jumlah kasus Covid-19 yang dilaporkan di seluruh dunia, juga 40 persen dari total kematian global akibat penyakit itu. Demikian hal tersebut dilaporkan sejumlah pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Senin (19/07/2021).

"Hampir 1 juta kasus dilaporkan di Benua Amerika pekan lalu," ujar Maria van Kerkhove, Pemimpin Teknis WHO untuk Covid-19 dalam sesi tanya jawab langsung via media sosial pada Senin sore.

"Di Brasil, terdapat hampir 300.000 kasus yang dilaporkan pekan lalu. Di Amerika Serikat, ada 200.000 lebih kasus yang dilaporkan," tambahnya.

Van Kerkhove juga memperingatkan, puncak tingkat penularan telah diamati di benua tersebut, seraya beralasan "kawasan itu terjebak pada tingkat intensitas yang sangat tinggi, dan tidak dapat menurunkan penularan tersebut."

Baca Juga: Ini Dampak Ngebutnya Brasil Vaksinasi Covid-19 untuk Warganya

Pegawai kesehatan di Brasil menguburkan korban Covid-19 yang meninggal. Jumlah kematian karena Cvid-19 di negara itu telah mencapai 500.000 jiwa. (Sumber: AP Photo/Bruna Prado)

Dunia pada umumnya mencatatkan penambahan jumlah kasus global sebesar 11,5 persen pekan lalu, kata sejumlah pejabat WHO, dengan Eropa dan Pasifik Barat menjadi yang paling terdampak.

Benua Amerika mengalami penambahan moderat sebesar 0,5 persen, kendati beberapa negara dilanda lonjakan kasus penularan yang sangat tajam yang kemungkinan disebabkan kemunculan varian baru, papar Van Kerkhove.

Namun, varian baru Lambda yang kali pertama diidentifikasi di Amerika Selatan, tampaknya bukan menjadi penyebab lonjakan jumlah kasus karena varian itu mulai "dikalahkan" oleh varian lain, tambahnya.

"Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan wilayah-wilayah lain di seluruh dunia butuh lebih banyak pasokan vaksin jika mereka ingin memutus siklus kasus yang mematikan ini," tutur Michael Ryan, Direktur Eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Eddward S Kennedy

Sumber : Kompas TV/Xinhua




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:21
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19