Kompas TV regional berita daerah

Wedang Jancok, Minuman Kaya Rempah Tingkatkan Imun Tubuh saat Pandemi

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 11:51 WIB
Penulis : KompasTV Jember

UMAJANG, KOMPAS.TV - Di tengah meningkatnya penularan virus corona, seorang penjual minuman di Lumajang Jawa Timur berinovasi menjual minuman rempah-rempah yang dapat meningkatkan imun tubuh.

Inovasi itu pun banyak diminati warga, mulai dari kalangan petugas keamanan PPKM Darurat hingga warga yang sedang isolasi mandiri.

Adalah Muhammad Zainul Abidin, penjual minuman tradisional yang diberi nama wedang “jancuk” atau jahe kencur dan jeruk. Lokasinya yang cukup strategis, yakni di jalan Alun-alun barat Lumajang, membuat pelanggan mudah mencarinya.

Laki-laki yang biasa dipanggil Abi itu sengaja menyediakan minuman rempah-rempah, karena omset jualan minum dan makanannya menurun drastis di saat pemberlakukan PPKM Darurat. 

Baca Juga: Minuman Kelapa Bakar Rempah Dipercaya Berkhasiat Meningkatkan Imunitas Tubuh!

Ia kemudian beralih jualan aneka minuman tradisional yang terdiri dari jahe, kencur, jeruk, gula merah dan sereh. Ia kemudian menamakan inovasi minuman itu dengan nama wedang “jancok” agar mudah diingat oleh pelanggannya.

Cara membuat minuman itu cukup mudah, pertama geprek semua bahan rempah, lalu letakkan di gelas, tambah gula merah dan tuangkan air panas kedalamnya. Lalu aduk minuman itu dengan batang sereh yang berfungsi mengeluarkan aroma hangat.

Baca Juga: 3 Minuman Pengusir Dingin Sekaligus Penambah Daya Tahan Tubuh

Wedang itu digemari oleh semua kalangan, karena dapat meningkatkan imun tubuh di tengah tingginya penularan virus corona galur delta.

Meminum rempah-rempah, seperti, jahe, kencur dan sereh sangat dianjurkan, karena menyehatkan.

Untuk menghindari kerumunan, tim Satgas Covid-19 Kabupaten setempat menghimbau pemilik warung tidak melayani minum di tempat atau dibungkus saja agar bisa diminum di rumah.

#WedangJahe #RempahRempah #MinumanTradisional



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x