Kompas TV regional berita daerah

Wedang Jancok, Minuman Kaya Rempah Tingkatkan Imun Tubuh saat Pandemi

Selasa, 20 Juli 2021 | 11:51 WIB

UMAJANG, KOMPAS.TV - Di tengah meningkatnya penularan virus corona, seorang penjual minuman di Lumajang Jawa Timur berinovasi menjual minuman rempah-rempah yang dapat meningkatkan imun tubuh.

Inovasi itu pun banyak diminati warga, mulai dari kalangan petugas keamanan PPKM Darurat hingga warga yang sedang isolasi mandiri.

Adalah Muhammad Zainul Abidin, penjual minuman tradisional yang diberi nama wedang “jancuk” atau jahe kencur dan jeruk. Lokasinya yang cukup strategis, yakni di jalan Alun-alun barat Lumajang, membuat pelanggan mudah mencarinya.

Laki-laki yang biasa dipanggil Abi itu sengaja menyediakan minuman rempah-rempah, karena omset jualan minum dan makanannya menurun drastis di saat pemberlakukan PPKM Darurat. 

Baca Juga: Minuman Kelapa Bakar Rempah Dipercaya Berkhasiat Meningkatkan Imunitas Tubuh!

Ia kemudian beralih jualan aneka minuman tradisional yang terdiri dari jahe, kencur, jeruk, gula merah dan sereh. Ia kemudian menamakan inovasi minuman itu dengan nama wedang “jancok” agar mudah diingat oleh pelanggannya.

Cara membuat minuman itu cukup mudah, pertama geprek semua bahan rempah, lalu letakkan di gelas, tambah gula merah dan tuangkan air panas kedalamnya. Lalu aduk minuman itu dengan batang sereh yang berfungsi mengeluarkan aroma hangat.

Baca Juga: 3 Minuman Pengusir Dingin Sekaligus Penambah Daya Tahan Tubuh

Wedang itu digemari oleh semua kalangan, karena dapat meningkatkan imun tubuh di tengah tingginya penularan virus corona galur delta.

Meminum rempah-rempah, seperti, jahe, kencur dan sereh sangat dianjurkan, karena menyehatkan.

Untuk menghindari kerumunan, tim Satgas Covid-19 Kabupaten setempat menghimbau pemilik warung tidak melayani minum di tempat atau dibungkus saja agar bisa diminum di rumah.

#WedangJahe #RempahRempah #MinumanTradisional

Penulis : KompasTV Jember

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:09
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19