Kompas TV regional berita daerah

Warga di Lumajang Membuat Patung Sawah untuk Menangkal Covid-19

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 11:48 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Ada cara unik yang dilakukan warga Lumajang Jawa Timur dalam menangkal penyebaran virus corona. Mereka memasang boneka atau patung sawah di depan rumah. Selain diyakini dapat menghilangkan pagebluk, cara itu juga dapat mengurangi mobilitas warga.

Hampir di setiap depan rumah warga di Dusun Biting, Desa Kuterenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang terdapat boneka atau patung sawah.

Baca Juga: Hoaks, Jambu Kristal Putih Bisa Jadi Penangkal Covid-19

Patung itu terbuat dari kayu dan diberi pakaian bekas agar menyerupai manusia dan bahkan ada yang mirip hantu. Patung-patung itu juga memakai masker sebagai bentuk kepatuhan pada protokol kesehatan.

Ketua RW, Abdul Karim menjelaskan bahwa patung sawah diyakini dapat menangkal atau mengusir wabah yang kini meresahkan warga di seluruh dunia, yakni Covid-19.

Baca Juga: Pemkab Jember Gelar Doa Bersama Agar Segera Terbebas dari Pandemi Covid-19

“Meski terbilang kuno, namun kami dan warga lainnya meyakini hal itu merupakan tradisi leluhur yang perlu dilestarikan. kami juga menggelar doa bersama agar pandemi segera berakhir,” ujar Abdul Karim.

Patung sawah juga efektif mengurangi mobilitas warga, terutama anak-anak, karena takut melihat patung sawah di malam hari.

#PatungSawah #PenangkalCovid-19 #Lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x