Kompas TV regional peristiwa

Ada Dugaan Kartel Kremasi, Tanggapan Wagub dan Ketua DPRD DKI: Lebih Jahat Dari Korupsi!

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 10:34 WIB
ada-dugaan-kartel-kremasi-tanggapan-wagub-dan-ketua-dprd-dki-lebih-jahat-dari-korupsi
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Balai Kota, Rabu (16/6/2021) (Sumber: Hasya Nindita/Kompas.TV)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada dugaan kartel kremasi jenazah Covid-19 di DKI Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, meminta kepada seluruh pihak yang memiliki usaha kremasi untuk tidak menjadikan musibah sebagai ladang mencari keuntungan yang berlebih. 

Ia meminta agar para pengusaha krematorium tidak mematok tarif tinggi yang tidak wajar untuk kremasi jenazah Covid-19. 

"Kami sampaikan kepada seluruh pihak swasta, yayasan, atau kelompok masyarakat yang memiliki usaha kremasi, mohon di masa sulit seperti ini, di masa kita berjuang melawan pandemi Covid-19, adanya virus yang merupakan musibah bagi kita semua, mohon semua jangan mencoba mencari keuntungan yang berlebihan di masa pandemi ini dengan mematok tarif harga yang di luar kewajaran," kata Riza melalui rekaman suara, Senin (19/7/2021) malam. 

Sebelumnya diberitakan, dugaan kartel kremasi pertama kali diungkapkan melalui laporan yang disampaikan oleh anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Ima Mahdiah. 

Baca Juga: Pemprov DKI Bantah Palang Hitam Terlibat Pungli Terkait Kremasi Jenazah Pasien Covid-19

Laporan pertama Ima dapatkan dari mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Ima mengatakan, orangtua dari teman Ahok meninggal karena terpapar Covid-19 dan harus dikremasi.

"Kebetulan (laporan) yang saut saya dikirim sama Pak Ahok waktu itu, kebetulan teman beliau orangtuanya meninggal, tapi tidak ada tempat untuk kremasi untuk Covid-19 di Jakarta yang (dikelola) pemda, sedangkan di swasta tempatnya penuh dan harganya tinggi," kata Ima, dikutip dari Kompas.com. 

Laporan kedua berasal dari warga Jakarta Barat yang melaporkan harga tarif kremasi dan proses pemakaman yang mencapai ratusan juta rupiah.

"Cuma pemakaman sama kremasi saja sampai berapa ratus juta, mungkin karena permintaan banyak," ucap Ima.

Baca Juga: Masukkan Sanksi Pidana Pelanggar Prokes, Wagub DKI: Sanksi Sekarang Tak Efektif

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi juga menyampaikan hal serupa dengan Riza. Ia meminta para pengusaha sadar bahwa saat ini kondisi negara sedang dalam musibah atau force major, sehingga tidak mengambil kesempatan dalam kesempitan.

Ia meminta agar para pengusaha menghargai kondisi yang tidak baik di pandemi Covid-19 ini. 

"Sekali lagi para pengusaha rumah duka itu juga jangan mengambil kesempatan dalam kesempitan atau penumpukan obat-obatan. Saya minta kepada Kapolda, pernah saya bicara dengan Pak kapolda, hal-hal seperti itu lebih jahat dari korupsi, tembak mati aja, saya bilang," kata Prasetio melalui rekaman suara, Senin (19/7/2021). 

Sekali lagi, Riza menekankan untuk tidak mematok tarif tinggi terkait kremasi, sebaliknya, ia mengatakan seharusnya saat ini kita harus membantu sesama yang sedang dalam kesulitan. 

"Justru kita harapkan bisa membantu sesama kita yang sedang sulit. Bukan sebaliknya mengambil keuntungan dengan mematok harga setinggi-tingginya," tegas Riza. 

Baca Juga: Ketua DPRD DKI Pertanyakan Urgensi Anies Merevisi Perda Penanggulangan Covid-19


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x