Kompas TV nasional politik

HNW: Pembagian Daging Kurban Tanpa Membedakan SARA dan Pilihan Politik

Selasa, 20 Juli 2021 | 08:22 WIB
hnw-pembagian-daging-kurban-tanpa-membedakan-sara-dan-pilihan-politik
Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2019). (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)

JAKARTA, KOMPAS TV - Perayaan Hari Raya Iduladhan 1442 Hijriah adalah tahun kedua umat Islam di Indonesia merayakan lebaran haji di tengah musibah Covid-19. Meski masih dirundung duka, namun hal itu diharapkan tak mengurangi rasa persatuan dan toleransi masyarakat dalam menjalani ibadah tersebut. 

Wakil Ketua MPR-RI Hidayat Nur Wahid mengimbau agar seluruh umat Islam  tetap memaknai perayaan Idul Adha untuk tetap memperkuat rasa persatuan dan toleransi. Contohnya dengan mendistribusikan daging kurban langsung kepada penerima tanpa membedakan suku, agama, ras, dan antar golongan.  

"Sekalipun dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat, dirinya juga mendorong umat Islam agar menjadikan momentum Iduladha  ini sebagai momen persatuan dan toleransi," kata Hidayat dalam keterangan tertulis, Selasa (20/7/2021). 

Baca Juga: TGB: Rayakan Idul Adha di Rumah Opsi Terbaik Saat Ini

Pria yang karib disapa HNW itu menyebut, kini sangat banyak masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 yang tak terbatas hanya umat Islam saja, sehingga ibadah pembagian daging hewan kurban diharapkan dapat membantu dan meningkatkan soliditas sosial di antara masyarakat Indonesia yang majemuk. 

“Daging kurban dibagikan kepada berbagai warga yang berhak, juga kepada warga yang sedang isolasi mandiri, tanpa membedakan SARA maupun latar belakang afiliasi atau pilihan politik," ujarnya. 

Menurut dia, dengan memperkuat rasa soliditas akan memperkuat psikologis dan menumbuhkan semangat gotong royong masyarakat di tengah terjadinya bencana non alam ini.  

"Sehingga hari raya di tengah pandemi kali ini bisa jadi momentum memperkuat solidaritas dan persatuan bangsa, suatu kontribusi psikologis dan sosial yang dipentingkan untuk atasi covid-19,” ujarnya.

Politikus PKS itu meminta kepada seluruh penyelenggara pemotongan hewan kurban untuk patuh mematuhi protokol kesehatan. Misalnya dengan menyembelih hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) maupun di tempat yang tidak menimbulkan kerumunan. 

Baca Juga: Jelang Idul Adha, 100 Jalan di Medan Ditutup

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:29
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19