Kompas TV regional agama

Iduladha Tahun Ini, Gubernur Anies Kurban Sapi di Empat Lokasi Berbeda

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 07:51 WIB
iduladha-tahun-ini-gubernur-anies-kurban-sapi-di-empat-lokasi-berbeda
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Posko PPKM di Kelurahan Jati Pulo, Jakarta Barat, Kamis (24/6/2021). (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dirinya berkurban sapi di empat lokasi berbeda pada Iduladha 1442 Hijriah tahun ini. 

Anies berkurkan melalui Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di mana nantinya hasil kurban akan dibagikan kepada warga miskin Jakarta melalui Baznas-Basis. 

"Seperti biasa lewat Pemprov DKI Jakarta, kemudian Baznas-basis membantu untuk melakukan (pembagian)," kata Anies melalui rekaman suara, Senin (19/7/2021) malam. 

Selain itu, Anies juga berkurban di lokasi rumahnya yakni Lebak Bulus, Jakarta Selatan. 

"Kemudian tetangga di belakang rumah saya, saya lakukan juga," lanjut Anies.  

Selanjutnya, Anies juga berkurban sapi di Yogyakarta, tempat di mana ia tumbuh besar, dan juga di kediaman orangtuanya di Kuningan, Jawa Barat.

"Lalu di Jogya tempat saya tumbuh besar, lalu di Kuningan," jelas Anies. 

Baca Juga: Gubernur Anies Minta Warga Jakarta Tidak Menonton dan Mendatangi Tempat Pemotongan Hewan Kurban

Anies juga terus mengingatkan kepada masyarakat DKI untuk tidak mendatangi dan menonton proses pemotongan hewan kurban. 

"Saya minta kepada seluruh masyarakat tidak perlu mendatangi, menonton, karena itu menimbulkan kerumunan dan berpotensi penularan (Covid-19)," kata Anies.

Terkait dengan pemotongan hewan kurban besok, Anies meminta kepada pengelola untuk menaati protokol kesehatan dan pedoman yang sudah disosialisasikan. Pemotongan juga harus dilakukan di tempat-tempat yang sebelumnya sudah ditentukan. 

"Jadi, pedoman sudah ada, sudah disosialisasikan, tinggal dilaksanakan," kata Anies. 

Sesuai Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 43/2021, masyarakat dilarang melakukan pemotongan hewan di wilayah zona merah penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Imbauan Gubernur Anies Terkait Iduladha: Tidak Ciptakan Kerumunan, Sholat di Rumah Masing-masing

Ia juga mengimbau agar pengelola langsung membagikan hewan kurban ke rumah penerima untuk mengindari timbulnya kerumunan jika warga diminta untuk mengambil sendiri jatah hewan kurban mereka.

"Kepada para pengelola daging, hasil pemotongan kurban (diberikan langsung) ke rumah penerima. Tidak perlu melakukan pembagian di tempat-tempat tertentu yg menimbulkan kerumunan," ujarnya. 

"Kita menugaskan kepada jajaran wilayah untuk memantau, menegur, bila ada yang tidak melaksanakan proses pembagian hewan kurban dengan benar," ucap Anies. 

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Jadikan Iduladha sebagai Momen Berbagi di Masa Pandemi

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x