Kompas TV internasional kompas dunia

30 Tewas dan Puluhan Terluka pada Serangan Bom di Pasar Pinggiran Baghdad

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 06:11 WIB
30-tewas-dan-puluhan-terluka-pada-serangan-bom-di-pasar-pinggiran-baghdad
Warga berkerumun di lokasi serangan bom di tengah pasar Sadr City yang menewaskan 30 orang. Serangan itu terjadi hanya satu hari menjelang perayaan Idul Adha (Sumber: AP Photo/Khalid Mohammed)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

 

BAGHDAD, KOMPAS.TV - Sebuah serangan bom pinggir jalan menargetkan pinggiran kota Baghdad pada Senin (19/7/2021), menewaskan sedikitnya 30 orang dan melukai puluhan lainnya di pasar yang ramai, kata dua pejabat keamanan Irak.

Serangan itu terjadi di Kota Sadr, kata para pejabat. Mereka berbicara dengan syarat anonim sesuai dengan peraturan.

Serangan tersebut terjadi hanya satu hari sebelum hari raya Idul Adha saat pasar sangat ramai dipenuhi pembeli.

Tumpukan barang dagangan tergeletak di tanah setelah ledakan. Pemilik toko menceritakan kepada pasukan keamanan bagaimana ledakan itu terjadi ketika mereka menyelamatkan barang-barang apa yang mereka bisa.

Baca Juga: Terjadi Ledakan Ruang Isolasi Corona di Irak, 64 Tewas dan 100 Orang Lebih Terluka

Jasad korban serangan bom di pasar kota Sadr City, Baghdad, Irak. serangan bom di tengah pasar Sadr City yang menewaskan 30 orang. Serangan itu terjadi hanya satu hari menjelang perayaan Idul Adha (Sumber: AP Photo/Khalid Mohammed)

 

Tidak ada klaim tanggung jawab,  tetapi kelompok IS telah mengklaim serangan serupa di daerah itu sebelumnya.

Perdana Menteri Mustafa al-Kadhimi menahan komandan resimen polisi federal yang bertanggung jawab atas area pasar, menurut sebuah pernyataan militer Irak. Ia juga mengatakan penyelidikan telah diluncurkan.

Ini adalah ketiga kalinya di tahun ini sebuah bom menghantam pasar di lingkungan padat penduduk. Pada bulan April, setidaknya empat orang tewas dalam serangan bom mobil di Kota Sadr. Ledakan itu disebabkan oleh alat peledak yang dipasang pada mobil yang diparkir di pasar.



Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x