Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Perlukah Mencuci Daging Sapi Sebelum Dimasak? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 20 Juli 2021, 06:10 WIB
perlukah-mencuci-daging-sapi-sebelum-dimasak-ini-penjelasannya
Cara membersihkan daging sapi dengan benar. (Sumber: Natalie Lisovskaya)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Iduladha besok, Selasa (20/7/2021). Iduladha identik dengan daging sapi dan kambing yang melimpah.

Namun, sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya terkait bagaimana cara benar untuk membersihkan daging sapi dan perlukah mencucinya dengan air?

Membersihkan daging sapi berbeda dengan daging ayam bisa dicuci dengan air. Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski, Prasetyo Widodo, menjelaskan daging sapi tidak perlu dicuci dengan air.

Baca Juga: Mual dan Pusing Saat Melihat Daging? Kenali Carnophobia atau Fobia Daging

Ia menjelaskan, daging sapi yang dicuci dengan air justru membuat dagingnya mengkerut sehingga tidak bagus untuk diolah menjadi masakan tertentu.

“Sebaiknya daging sapi tidak dicuci atau dibersihkan dengan air karena justru akan menjadikan daging itu mengkerut,” kata Prasetyo, dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Sabtu (25/7/2021).

Lantas, bagaimana cara membersihkan daging sapi yang benar?

Prasetyo menganjurkan untuk membersihkan daging sapi dengan cara dilap atau diseka dengan kertas tisu khusus makanan pada permukaan daging.

Selain menyebabkan daging mengkerut, mencuci dengan air juga dapat membuat bakteri dari air berpindah ke daging yang akan diolah dan membuat daging tidak terlihat segar.

“Kalau dicuci dulu nanti terkontaminasi bakteri yang ada di air,” kata Chef HARRIS Hotel Sentul City Bogor, Yogie Putranto.

Baca Juga: Rahasia Kandungan Buah Nanas yang Bikin Daging Empuk hingga Cara Mengolahnya

Melansir Healthline, daging mentah mungkin terkontaminasi bakteri, seperti Salmonella, Listeria, Campylobacter, hingga E.Coli. Mencuci daging dengan air justru bisa menimbulkan risiko menyebarkan bakteri ke permukaan lain dan makanan yang akan dimakan mentah, misalnya buah atau lalapan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperingatkan mencuci daging dengan air mengalir tidak menghilangkan bakteri bawaan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa daging sapi yang direbus pada suhu 60 derajat celcius selama 4 menit atau menyiramnya dengan air pada suhu 82 derajat celcius diikuti dengan semprotan asam laktat mampu mengurangi pertumbuhan bakteri pada permukaan daging.

Alternatif lain dapat menggunakan cuka atau jus lemon untuk mengurangi bakteri pada daging mentah.

Baca Juga: Besok Hari Raya Iduladha, Ketahui Batas Aman Konsumsi Daging Per Hari

Bagaimana jika daging tidak langsung dimasak dan akan disimpan ke dalam freezer?

Cara membersihkan daging sapi dengan dilap tisu ini juga berlaku jika Anda tidak ingin langsung mengolah daging dan ingin menyimpannya ke dalam freezer.

Pastikan menyimpan daging sapi yang sudah dilap ke dalam wadah yang kedap udara agar daging bisa awet lebih lama.



Sumber : Kompas.com/Healthline

BERITA LAINNYA



Close Ads x