Kompas TV entertainment lifestyle

Rahasia Kandungan Buah Nanas yang Bikin Daging Empuk hingga Cara Mengolahnya

Kompas.tv - 19 Juli 2021, 20:33 WIB
rahasia-kandungan-buah-nanas-yang-bikin-daging-empuk-hingga-cara-mengolahnya
Ilustrasi penggunaan buah nanas untuk mengempukan daging. (Sumber: SHUTTERSTOCK/ BATJAKET)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nanas telah dikenal luas sebagai buah yang dapat mengempukkan daging.

Tips berikut ini bahkan menjadi salah satu yang banyak dicari ketika Iduladha tiba. Momen di mana hampir seluruh keluarga akan mengolah daging kurban.

Lantas kenapa buah nanas bisa melunakkan daging? Apakah ada kandungan zat tertentu di dalam buah berwarna kuning tersebut? 

Penjelasan ilmiahnya disampaikan oleh Dosen Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) Tuti Suryati.

"Jadi di dalam buah nanas terkandung enzim bromelin yang termasuk jenis enzim protease yang dapat memutuskan ikatan peptida pada protein," ujar Tuti, seperti dikutip dari laman resmi IPB.

Baca Juga: Tiga Resep Masakan Daging Kambing Tanpa Ribet, Dijamin Enak

Terputusnya ikatan peptida pada protein menyebabkan hidrolisis atau degradasi protein sehingga menjadi potongan-potongan peptida atau bentuk lebih sederhana dari protein.

Enzim bromelin juga dapat bekerja pada jaringan kolagen yang merupakan protein pada jaringan ikat, protein miosin, protein miofibrilar, atau serabut daging.

“Enzim bromelin sendiri dapat ditemui pada daun, batang, serta buah tanaman nanas,” tutur peneliti dari Divisi Teknologi Hasil Ternak IPB tersebut.

Meski begitu, untuk mengempukan daging, masyarakat lebih sering menggunakan buah dari tanaman yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus tersebut.



Sumber : ipb.ac.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x