Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini, Jemaah An Nadzir di Kabupaten Gowa Rayakan Iduladha

Kompas.tv - 19 Juli 2021, 17:29 WIB
hari-ini-jemaah-an-nadzir-di-kabupaten-gowa-rayakan-iduladha
Jemaah An Nadzir saat menunaikan Salat Iduladha di halaman Masjid Baitul Muqaddis, Senin (19/7/2021) (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

GOWA, KOMPAS.TV - Rayakan Iduladha lebih awal dari pemerintah, Jemaah An Nadzir di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan tunaikan salat Id di halaman Masjid Baitul Muqaddis.

Menurut Pemimpin Jemaah An Nadzir salat Iduladha yang dilaksanakan berjemaah digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Bahkan, selama pelaksanaan pihaknya juga dikawal oleh aparat keamanan setempat.

"Hari ini kita melaksanakan Shalat Id, dan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 serta dikawal aparat keamanan," kata Pemimpin Jamaah An Nadzir, Ustadz Samiruddin Pademui dilansir dari Antara, Senin (19/7/2021).

Baca Juga: Cholil Nafis Sebut Salat Iduladha Sendiri di Rumah, Sah Dilakukan Tanpa Khutbah

Pemimpin Jemaah An Nadzir juga menerangkan perayaan Iduladha yang lebih dulu telah berdasar pada keyakinan dengan memantau tanda-tanda alam, seperti kondisi bulan dan pasang surut air laut.

Menurutnya, berdasar pemantauan yang dilakukan pada 14 hingga 16 Juli 2021, dinyatakan tanggal 10 Zulhijah 1442 Hijriah bertepatan dengan Senin 19 Juli 2021. Sehinga kemudian, waktu itu lebih cepat sehari dari yang ditentukan pemerintah, yakni jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021.

Selain menunaikan Salat Id, pihaknya juga menyembelih tiga sapi kurban. Adapun daging kurbannya dibagikan kepada anggota jemaah serta kepada masyarakat di sekitar pondok jemaah An Nadzir.

Baca Juga: Puan Maharani Minta Pemuka Agama Ajak Umat Salat Iduladha di Rumah Saja

Diketahui sebelumnya, pada Idulfitri 1442 Hijriah jemaah An Nadzir juga melaksanakan lebih awal dari yang ditetapkan pemerintah, yaitu 12 mei 2021, sementara perayaan Idulfitri yang ditetapkan pemerintah jatuh pada 13 Mei 2021.

Selain jemaah An Nadzir, jemaah Naqsabandiyah di Sumatera Utara juga sama-sama merayakan Iduladha pada hari ini, Senin 19 Juli 2021.



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x