Kompas TV nasional kesehatan

Besok Hari Raya Iduladha, Ketahui Batas Aman Konsumsi Daging Per Hari

Senin, 19 Juli 2021 | 16:02 WIB
besok-hari-raya-iduladha-ketahui-batas-aman-konsumsi-daging-per-hari
Ilustrasi batas konsumsi daging per hari. (Sumber: Natalie Lisovskaya)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan Hari Raya Iduladha 1442 H jatuh pada 20 Juli 2021.

Iduladha identik dengan olahan daging karena banyak yang berkurban daging sapi dan kambing. Sebagian dari kita mungkin akan mengolah daging tersebut menjadi sate, tongseng, gulai, redang, semur dan lain sebagainya.

Banyaknya daging yang didapat mengingatkan kita pada sebuah pertanyaan, berapa banyak kita boleh makan daging dalam sehari?

Baca Juga: Resep Serundeng Daging Sapi Basah, Makanan Khas Iduladha yang Tahan Lama

Untuk diketahui bahwa daging sapi dan daging kambing termasuk ke dalam kelompok daging merah. Melansir Healthy Food, Senin (19/7/2021), daging merah mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi, protein, vitamin B12, dan lemak omega-3.

Nutrisi tersebut baik bagi tubuh jika dikonsumsi dalam batas wajar. Jika daging merah dikonsumsi secara berlebihan dapat mengancam kesehatan dan menyebabkan kanker usus yang merupakan pembunuh kanker terbesar kedua di dunia.

Mengutip Huffpost, ahli jantung di Mayo Clinic, Stephen Kopecky menyarakan untuk membatasi konsumsi daging merah sebanyak 300 gram atau 3 ons per hari.

"Disarankan untuk membatasi konsumsi daging merah hingga 3 ons sehari, dengan total 21 ons per minggu," tutur Kopecky.

Baca Juga: Jelang Iduladha, Daging Unta Diburu untuk Disembelih, Pasar Unta di Mesir Semarak

Ia menjelaskan, daging merah bisa berdampak buruk bagi kesehatan karena daging merah memiliki senyawa yang menyebabkan peradangan dan iritasi pada jaringan tubuh manusia, penyakit jantung, hingga kerusakan otak.

Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Eddward S Kennedy

Sumber : Healthy Food/Huffpost


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:46
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19