Kompas TV entertainment musik

Perjalanan God Bless, Hanya Punya 8 Album hingga Kerap Ganti Personel

Kompas.tv - 21 Juli 2021, 11:17 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bicara tentang band rock legendaris Indonesia, nama God Bless selalu menjadi yang terdepan, karena mereka telah hadir meramaikan dunia musik Indonesia sejak 1973.

God Bless sukses tetap eksis hingga kini di saat banyak band rock 70-an lainnya memutuskan untuk bubar.

Perjalanan God Bless di panggung musik Indonesia adalah sebuah perjalanan yang panjang. Banyak tantangan yang harus mereka hadapi selama 48 tahun berkarya.

Baca Juga: Daftar Lengkap Album God Bless, Mana Favoritmu?

Setelah terbentuk pada tahun 1973, God Bless tidak langsung memiliki album yang berisi lagu mereka. Achmad Albar cs saat itu lebih dikenal sebagai musisi panggung dan lebih sering tampil membawakan lagu orang lain. Hal ini karena di tahun tersebut, musik rock masih sulit diterima pasar industri musik Indonesia.

Album pertama mereka baru dirilis 2 tahun setelahnya, tepatnya di tahun 1975 dengan judul God Bless. Para personel God Bless bercerita kala itu mereka melakukan rekaman dengan alat yang sangat sederhana, bahkan hanya menggunakan studio siaran radio Prambors.

Selama 48 tahun berkarya God Bless hanya memiliki 8 album rekaman studio dan 3 album kompilasi. Sang vokalis Achmad Albar mengungkapkan God Bless tidak memproduksi album rekaman setiap tahun karena mereka sejak awal dikenal sebagai band panggung.

Baca Juga: Bongkar Pasang Personel God Bless, Tetap Eksis di Usia 48 Tahun

Band rock legendaris ini juga sudah lebih dari 15 kali berganti personel. Namun hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk tetap eksis.

Para personel God Bless mengakui formasi saat ini adalah formasi yang terbaik sepanjang mereka berkarier. Di mana Achmad Albar di posisi vokal, Ian Antono sebagai gitaris, Donny Fattah sebagai bassis, Abadi Soesman di posisi keyboard, dan Fajar Satritama sebagai drumer.

Video editor: Agung

Baca Juga: Kisah Ian Antono, Arek Malang yang Jadi Gitaris God Bless



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x