Kompas TV TALKSHOW bincang kita

Sakit Jantung, Apakah Harus Selalu Operasi? - BINCANG KITA

Senin, 19 Juli 2021 | 12:56 WIB

KOMPASTV - Jantung merupakan organ vital yang berfungsi sebagai pemompa darah untuk menyuplai kebutuhan nutrisi dan oksigen ke seluruh organ-organ lainnya. Ketika jantung mengalami gangguan .maka akan mengakibatkan penyakit jantung coroner bahkan gagal jantung. Berbagai metode dan teknologi modern diciptakan dalam upaya untuk dapat menyembuhkan penyakit mematikan no 1 tertinggi di dunia ini. Namun jauh sebelum peradaban modern tercipta. Ibnu sina telah memberi perhatian khusus dan membuat buku berjudul AL-ADWIYAT AL-QALBIA yang berisi tentang pengobatan jantung.

Dr Ibnu Sina adalah seorang ilmuan dari timur yang berkontribusi besar terhadap perkembangan ilmu kedokteran beliau menguasai ilmu bedah dan sangat memahmi ilmu biomolekuler yang menjadi ilmu dewa saat ini.

Sehingga ia dikenal dunia sebagai bapak kedokteran modern. Dalam bukunya yang berjudul the canon of madicinae al-qanun fil al-tibb. Ibnu sina sejak 1000 tahun lalu. Telah merancang komposisi obat dan terapi. Dengan prinsip gabungan pengobatan fisik, psikologis, dan diet. Atau sekarang yang dikenal  sebagai pengobatan holistik.

Dalam buku tersebu, Ibnu Sina berpendapat bahwa kelainan fungsi jantung tidak hanya dipengaruhi oleh ketidakseimbangan unsur kimia tubuh. Yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah jantung.namun juga kondisi psikologis seseorang. Bahwa emosi tertentu dapat memicu pelepasan hormon.yang berpengaruh terhadap kinerja jantung. Keseimbanagan cairan tubuh dan kestabilan psikologis merupakan kunci jantung sehat.

Formulasi Ibnu Sina yang telah terkenal kehebatannya di seluruh dunia tersebut. Sudah menjadi dasar pengobatan di Canon Medicinae Indonesia (CMI) Hospital.

CMI Hospital yang sebelumnya dikenal dengan nama GS Setra ini berlokasi di Kota Bandung - Jawa Barat. Tepatnya di Jalan Tubagus Ismail VII No.21. Berdiri tahun 2008 lalu dengan tujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lengkap dan terjangkau. Pengobatan cmi mengusung dua keilmuan besar yaitu ilmu kedokteran modern .dan ilmu kedokteran komplementer dari timur berdasarkan buku The Canon Of Madicinae Al-Qanun Fil Al-Tibb Karya Ibnu Sina.

Penulis : Anas Surya

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:00
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19