Kompas TV internasional kompas dunia

Putri Dubes Afghanistan Diculik dan Disiksa dengan Kejam di Pakistan

Kompas.tv - 18 Juli 2021, 00:00 WIB
putri-dubes-afghanistan-diculik-dan-disiksa-dengan-kejam-di-pakistan
Duta Besar Afghanistan untuk Pakistan, Najibullah Alikhil. (Sumber: Twitter)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

ISLAMABAD, KOMPAS.TV – Putri Duta Besar Afghanistan untuk Pakistan Najibullah Alikhil diculik di ibu kota Pakistan, Islamabad. Ia disekap selama beberapa jam dan disiksa dengan brutal.

Mengutip NDTV pada Sabtu (17/7/2021), Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Afghanistan menyatakan, Silsila Alikhil tengah berada dalam perjalanan pulang ke rumahnya menggunakan kendaraan sewaan di Islamabad saat ia diculik selama beberapa jam dan “disiksa dengan kejam” pada Jumat (16/7/2021).

“Setelah dibebaskan dari penyekapan para penculiknya, Alikhil segera mendapat perawatan medis di rumah sakit,” demikian bunyi pernyataan Kemlu Afghanistan yang mendesakkan penyelidikan segera. Kemlu Afghanistan juga meminta perlindungan bagi para diplomat Afghanistan.

Baca Juga: Ulama Garis Keras Pakistan Ditangkap karena Ancam Malala Yousafzai dengan Serangan Bunuh Diri

Laporan medis rumah sakit menyatakan, Alikhil dipukul di bagian kepala dan ada bekas ikatan tali di kedua pergelangan tangan dan kakinya. Ia juga dipukuli dengan brutal.

Kecurigaan mencuat bahwa ia juga mengalami patah tulang di beberapa bagian tubuhnya, dan pemeriksaan X-ray pun akan dilakukan.

Laporan itu juga menyebut, para penculik Alikhil menyekapnya selama lebih dari 5 jam. Polisi kemudian membawanya ke rumah sakit di Islamabad. Belum ada rincian tentang penculikan itu atau pembebasannya.

Melansir Associated Press, pihak berwenang belum menangkap seorang pun yang diduga terlibat dalam penculikan Silsila Alikhil (26).

Menteri Dalam Negeri Pakistan Sheikh Rashid Ahmed mengatakan, Perdana Menteri Imran Khan memerintahkan agar kasus penculikan dan penyiksaan Alikhil segera ditangani dan dijadikan prioritas. Khan juga memerintahkan agar para penculik Alikhil segera ditangkap dalam waktu 48 jam.

Baca Juga: Hukuman Mati karena Hina Nabi Muhammad Dibatalkan, Pasangan Non-Muslim Pakistan Dibebaskan

Pakistan menyebut serangan terhadap Alikhil itu “mengganggu”. Pengamanan di kediaman duta besar Afghanistan di Islamabad pun diperkuat.

Kementerian Luar Negeri Afghanistan mengutuk keras “aksi mengerikan” itu dan mengungkapkan keprihatinannya atas para diplomat Afghanistan dan keluarga mereka di Pakistan.

Hubungan antara Pakistan dan Afghanistan penuh dengan kecurigaan dan permusuhan. Kedua negara kerap saling melempar tudingan.

Afghanistan mengklaim Pakistan mengirim ribuan milisi jihad untuk berperang di Afghanistan dan menyediakan perlindungan bagi Taliban. Sebagai balasan, Pakistan ganti menuduh Kabul menyembunyikan kelompok anti-Pakistan Tehreek-e-Taliban Pakistan – Taliban Pakistan – dan separatis Tentara Pembebasan Baluchistan.



Sumber : NDTV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x