Kompas TV nasional kesehatan

Kemenkes Laksanakan Vaksinasi Dosis Ketiga Bagi Tenaga Kesehatan

Kompas.tv - 17 Juli 2021, 18:20 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan secara resmi memulai program vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster bagi 1,4 juta tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia pada hari Jumat (16/7/2021).

Dilansir dari akun Instagram Kemenkes RI, penyuntikan vaksinasi dimulai di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Sebanyak 50 Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan sejumlah dokter mengikuti jalannya vaksinasi ketiga ini.

Pemberian vaksinasi booster kepada tenaga kesehatan ini merupakan upaya untuk memberikan perlindungan yang optimal terhadap kesehatan dan keselamatan nakes saat bertugas memberikan pelayanan kepada pasien.

Nakes adalah garda terdepan dalam penanganan pandemi, mereka sangat rentan terpapar Covid-19. Vaksin yang digunakan adalah vaksin jenis Moderna.

Vaksin Covid-19 Moderna secara resmi telah mendapatkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Jumat, (2/7/2021) lalu.

Terbitnya izin EUA ini membuktikan bahwa vaksin tersebut aman, bermutu & berkhasiat.

Sejauh pelaksanaan vaksinasi, dilaporkan tidak ada efek samping serius yang ditimbulkan. Para tenaga kesehatan yang divaksin mengaku tidak merasakan gejala maupun reaksi yang signifikan.

Setelah resmi dimulai hari ini, penyuntikan vakin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan ini, diharapkan bisa segera dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x