Kompas TV regional berita daerah

Membangun Jember di Tengah Pandemi, Siapkan 6.000 Beasiswa dan Bandara Internasional - (3)

Kompas.tv - 17 Juli 2021, 17:42 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur akan memberikan beasiswa kepada 6.000 warga kurang mampu dan berprestasi. Pemkab Jember juga berencana menjadikan Bandara Notohadinegoro menjadi bandara internasional dan membuat pelabuhan penumpang dan barang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Jember, Hendy Siswanto dalam acara talkshow di program SAPA JEMBER, KompasTV, Sabtu (17/7). Program beasiswa untuk membantu anak-anak Jember, yang orangtuanya terdampak pandemi Covid-19.

“6.000 beasiswa diberikan dengan sistem baru, yakni 70 persen diberikan kepada fakir miskin yang punya semangat untuk kuliah, melanjutkan kuliahnya. Sedangkan yang 20 persen kepada mahasiswa atau teman teman yang mempunyai prestasi yang bagus,” terang Hendy Siswanto.

Namun dirinya mengaku akan lebih berhati-hati memberikan beasiswa agar tepat sasaran, karena program beasiswa tahun 2019 – 2020 dinilai bermasalah oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Pemeriksa Keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. BPK menilai kurang tepat sasaran, sehingga ada anggaran yang harus dikembalikan ke BPK.

Baca Juga: Salurkan Bantuan Beasiswa Pendidikan Saat Pandemi

Hendy berjanji akan menaikan jumlah beasiswa tahun depan dan tahun-tahun berikut. Untuk tahun ini memang terbatas hanya 6.000 saja, karena perbaikan dan pembangunan infrastruktur menyerap anggaran lebih besar, banyak jalan rusak perlu diperbaiki. 

“Ada seribu kilo jalan, ada yang kami poles saja, ada yang ditutupi lubang kecil-kecilnya, ada yang overlay atau kita bikin bagus lagi, dan ada yang membuat baru,” tambang Hendy Siswanto.

Hendy Siswanto juga berencana akan menjadikan Bandara Notohadinegoro menjadi Bandara Internasional. Untuk saat ini dirinya akan fokus mendorong agar ada penerbangan setiap hari di Bandara, seperti yang dulu lagi.

“Pemerintah mensupport maskapai supaya okupansinya terpenuhi, sehingga maskapai atau airline bisa datang ke Jember lagi setiap hari. Kedepannya kita juga akan membuat bandara internasional, jadi direct langsung ke Jakarta, mungkin targetnya tahun 2023 sudah Jember langsung Jakarta, dengan catatan Covidnya segera pergi,” ujar Hendy Siswanto.

Baca Juga: Parade dan Atraksi Pesawat Ringan di Jember Sambut Hari Lahir Pancasila

Selian Bandara, Bupati Jember juga akan mendorong pembangunan pelabuhan di pesisir selatan. Ia ingin ada pelabuhan Barang dan Penumpang sehingga mempermudah proses pengiriman barang.

“Provinsi (Pemprov Jatim) sudah menyiapkan, ada detail engineering design, itu sudah mau dibangun oleh Provinsi, mungkin awal tahun depan, dan kami sendiri akan membuat pelabuhan juga beriringan bersampingan. Itu pelabuhan untuk perikanan dan kami akan bangun untuk penumpang, jadi kalau mau ekspor barang itu bisa langsung, bisa dari Jember langsung," tutur Hendy.        

 

#PemkabJember #WesWayaheMbenahiJember #BupatiJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x