Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

5 Tips Agar Nasi Tak Cepat Basi dalam Rice Cooker

Kompas.tv - 17 Juli 2021, 17:40 WIB
5-tips-agar-nasi-tak-cepat-basi-dalam-rice-cooker
ilustrasi nasi (Sumber: FREEPIK/XB100 via Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pernah Anda mendapati nasi yang disimpan dalam penanak nasi atau rice cooker tidak dapat bertahan seharian dan cepat basi? Walau tidak acap kali, tetapi sebagian orang pasti pernah mengalami hal ini.

Nasi cepat basi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi rice cooker yang tidak lagi prima atau juga dapat disebabkan oleh bakteri.

Kondisi rice cooker yang tidak lagi prima akan menyebabkan kondisi ruang dalam panci rice cooker menjadi tidak stabil, seperti terlalu lembab atau terlalu kering.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini tips mencegah nasi di rice cooker agar tidak cepat basi:

1. Pastikan beras tercuci dengan bersih

Bakteri dan residu dalam beras dan air bekas cucian beras yang tidak bersih masih mengandung sejumlah bakteri dan residu. Pastikan beras tercuci dengan bersih.

2. Teteskan citrus

Jika kurang yakin apakah beras dapat tercuci dengan bersih atau tidak, cobalah untuk menambah beberapa tetes air perasan jeruk atau lemon.

Baca Juga: Nasi Mandi Makanan Khas Arab Saat Idul Fitri

3. Perhatikan kadar air

Umumnya kebanyakan orang menyukai nasi yang pulen, tapi ada juga yang menyukai nasi dengan tekstur lembek. Nasi yang lembek akan lebih mudah basi ketimbang nasi yang pulen. Untuk itu, jika menyukai nasi yang lembek jangan menyimpannya terlalu lama. 

4. Aduk nasi setelah matang

Jangan aduk nasi ketika proses rice cooker memasak tengah berlangsung, lakukan itu setelah lampu indikator cook beralih ke warm.

5. Perhatikan tekstur nasi jika ingin menyimpan dalam rice cooker

Jika Anda berpikir bahwa membiarkan rice cooker dalam mode warm untuk mencegah nasi tidak cepat basi, mungkin benar. Tetapi Anda juga perlu memperhatikan kondisi nasi, apakah lembek atau pulen.

Membiarkan rice cooker tetap menyala juga tidak baik, nasi yang disimpan dalam rice cooker dalam mode warm cenderung memiliki aroma yang tidak alami.

Untuk itu baiknya copot saja kabelnya dan biarkan nasi mendingin. Anda dapat menghangatkannya lagi saat akan makan.

Baca Juga: 4 Resep Nasi Gurih yang Bikin Nagih!

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x