Kompas TV internasional kompas dunia

Semarak Pasar Domba di Arab Saudi Menjelang Iduladha, Ada Jual Hewan Kurban via Online

Kompas.tv - 17 Juli 2021, 14:56 WIB
semarak-pasar-domba-di-arab-saudi-menjelang-iduladha-ada-jual-hewan-kurban-via-online
Seorang peternak Arab Saudi memamerkan dombanya yang gemuk dan sehat di pasar ternak dekat Riyadh, 16 Juli 2021, menjelang idul adha tahun ini (Sumber: Xinhua/Wang Haizhou)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

RIYADH, KOMPAS.TV - Menjelang Iduladha tahun 2021 ini, pasar ternak hewan kurban kembali semarak, termasuk di Arab Saudi.

Kambing dan domba, sapi serta unta memenuhi berbagai pasar ternak tradisional Arab Saudi, dengan warga dan penjual sibuk memenuhi pasar tersebut.

Seperti terlihat dalam laporan Xinhua, Sabtu, (177/2021) kali ini prosedur kesehatan dan pembatasan jauh lebih ketat untuk mencegah penularan Covid-19, bahkan dibanding tahun lalu. 

Di pinggiran kota besar Arab Saudi seperti Damam, Riyadh, Jeddah, apalagi Makkah dan Madinah, bermunculan pasar ternak yang diatur dengan prosedur kesehatan sangat ketat, mengantisipasi Covid-19.

Konsekuensi pelanggaran juga tidak main-main. 

Tidak hanya pasar fisik, lebih dari 100 toko online yang tersedia di Kerajaan Arab Saudi gencar menawarkan ternak untuk mereka yang ingin kurban ternak pada Iduladha tahun ini. 

Seperti toko elektronik lainnya, 83 di antaranya terdaftar di platform “Maroof” Kementerian Perdagangan Arab Saudi, menawarkan kesempatan kepada pembeli elektronik untuk membeli semua jenis domba dengan sekali klik.

Baca Juga: 327 WNI di Arab Saudi Diperbolehkan Ikut Berhaji Tahun Ini, Jumlah Masih Bisa Bertambah

Toko daging di Arab Saudi yang sedang memotong domba-domba untuk dibagikan. Pemerintah Arab Saudi memperingatkan warganya untuk berhati-hati menggunakan aplikasi online saat membeli hewan kurban, dan menganjurkan pergi ke pasar ternak namun dengan protokol kesehatan super ketat. (Sumber: Asharq Al-Awsat)

Toko e-commerce, khususnya e-seller peternakan, menghadirkan kenyamanan bagi pembeli untuk memenuhi pembeliannya tanpa perlu menggebrak pasar secara pribadi.

Pilihan seperti penyembelihan, pemotongan, pengemasan, dan pengiriman hewan kurban juga terbuka untuk pelanggan.

Namun, pakar pasar ternak memperingatkan konsumen dari menggunakan aplikasi tanpa izin, yang dibuat untuk memanfaatkan lonjakan permintaan ternak pada hari-hari menjelang Iduladha.

Pandemi Covid-19 membuka jalan bagi peningkatan yang signifikan dalam jumlah aplikasi ternak yang tersedia untuk pelanggan di Kerajaan Saudi, ungkap Saud Al-Hafta, kepala Asosiasi Peternak Ternak Arab Saudi (Moashei), kepada Asharq Al-Awsat, Jum'at, (16/7/2021).

Berbicara kepada Asharq Al-Awsat, Al-Hafta menegaskan konsumen harus memeriksa apakah platform e-commerce yang mereka gunakan terdaftar di Maroof untuk memastikan mereka bersertifikat dan kredibel.



Sumber : Kompas TV/Xinhua/Asharq Al-Awsat

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.