Kompas TV tekno aplikasi

Clubhouse Rilis Fitur Pesan Instan Bernama Backchannel, Apa Itu?

Kompas.tv - 17 Juli 2021, 11:19 WIB
clubhouse-rilis-fitur-pesan-instan-bernama-backchannel-apa-itu
Clubhouse rilis fitur baru Backchannel. (Sumber: Global Times)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Aplikasi jejaring sosial Clubhouse baru saja merilis fitur baru berupa pesan instan bernama Backchannel.

Backchannel di Clubhouse ini memungkinkan penggunanya untuk saling mengirim pesan antara dua individu, baik secara pribadi maupun dalam format grup. Dalam fitur ini, pengembang Clubhouse juga menyisipkan fitur kotak masuk yang berisi permintaan pengiriman pesan dari akun lain.

Pengguna Clubhouse dapat menggunakan fitur Blackchannel untuk melakukan diskusi di rooms secara real-time. Fitur ini dapat digunakan oleh pembicara maupun pendengar.

Baca Juga: Aplikasi Clubhouse Versi Android Bakal Rilis Minggu Ini

“Jika Anda seorang pembicara, Anda dapat menggunakan Blackchannel untuk mengobrol dengan rekan pembicara lainnya, menyiapkan pertanyaan apa yang akan diajukan selanjutnya, atau memilih siapa audiens yang akan dipersilakan masuk ke rooms,” kata Clubhouse dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Sabtu (17/71/2021).

Fitur Backchannel juga dapat digunakan oleh pendengar untuk mengobrol dengan rekan sesama pendengar saat pembicara dengan memaparkan materi diskusinya di dalam rooms.

Untuk menggunakan fitur baru ini, cukup klik ikon ‘Pesawat’ atau geser layar ke kiri.

Dengan adanya fitur Backchanner, pembicara juga bisa menjawab pertanyaan dari pendengar melalui teks. Jika enggan menuliskannya, pembicara juga bisa memilih pendengar untuk menyampaikan pertanyaannya secara langsung.

Bagi pendengar yang tidak diberi kesempatan penyampaikan tanggapan atau pertanyaan secara langsung, fitur Backchannel bisa menjadi alternatif untuk menuliskannya.

Baca Juga: Siap Saingi Clubhouse, Facebook Uji Coba Aplikasi Hotline

Tak hanya itu, fitur baru ini juga bisa digunakan untuk merencanakan acara sehingga mampu mempermudah koordinasi melalui teks.

“Banyak hal yang perlu disiapkan untuk melangsungkan sebuah acara atau sebuah rooms di Clubhouse. Kini Anda bisa melakukan koordinasi dengan lebih mudah melalui teks dengan berbagai pihak demi kesuksesan acara atau rooms tersebut,” jelasnya.

Sebelumnya, pada awal perilisannya, Clubhouse hanya dapat diakses oleh pengguna iOS saja, kini Clubhouse dapat digunakan oleh pengguna Android dan bisa diunduh di Play Store.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x