Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Dini BMKG, Sabtu 17 Juli 2021, Cuaca 10 Wilayah Bakal Hujan disertai Angin Kencang

Kompas.tv - 17 Juli 2021, 04:45 WIB
peringatan-dini-bmkg-sabtu-17-juli-2021-cuaca-10-wilayah-bakal-hujan-disertai-angin-kencang
Ilustrasi angin kencang menandakan cuaca ekstrem. BMKG mengeluarkan peringatan pada hari ini, Sabtu (17/2021), 10 wilayah di Indonesia akan turun hujan lebat disertai angin kencang. (Sumber: KOMPAS.COM/JUNAEDI)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV-  Info cuaca hari ini, Sabtu (17/7/2021) bertepatan dengan akhir pekan terpantau sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem. 

Melansir laman BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia diprediksi berpotensi hujan lebat dan disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Adapun sirkulasi siklonik terpantau membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi, yang memanjang dari Laut Jawa hingga Sumatra Selatan.

Baca Juga: Info Cuaca Hari Ini Jumat 16 Juli 2021, BMKG Prediksi 14 Wilayah Ini Bakal Diguyur Hujan

Selain itu konvergensi juga terjadi dari Maluku hingga Papua Barat, di Papua, dan di perairan utara Papua Barat.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Aceh bagian Selatan, di Sumatra Barat, di Laut Jawa bagian Timur, di Pesisir Selatan Jawa Barat, di Jawa Timur, di NTT.

Di Laut Flores, di Kalimantan Utara bagian Utara, dari Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tengah, di Sulawesi Utara, di perairan Utara Halmahera dan di Laut Maluku juga terjadi daerah perlambatan kecepatan angin yang memanjang.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga: Cek! BMKG Sebut 13 Wilayah Ini Bakal Turun Hujan Lebat pada Prakiraan Cuaca Kamis 15 Juli 2021

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk Sabtu, 17 Juli 2021:



Sumber : Kompas TV/BMKG


BERITA LAINNYA



Close Ads x