Kompas TV nasional politik

PPKM Darurat Diperpanjang Sampai Akhir Juni, Epidemiolog: Keputusan Tepat

Kompas.tv - 16 Juli 2021, 20:27 WIB
ppkm-darurat-diperpanjang-sampai-akhir-juni-epidemiolog-keputusan-tepat
Petugas gabungan Polisi, TNI, Dishub, dan Satpol PP melakukan penyekatan di masa PPKM Darurat untuk mengurangi mobilitas warga, Kamis (15/7/2021). (Sumber: Tribunnews/Herudin)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Epidemiolog dari Griffith University, Australia, Dicky Budiman mengapresiasi keputusan pemerintah yang berencana memperpanjang PPKM Darurat.

Menurut Dicky dalam dua minggu ke depan pemerintah harus benar-benar mengoptimalkan kebijakan perpanjangan PPKM Darurat untuk menekan lonjakan kasus.

Untuk mendapat dukungan dari masyarakat, pemerintah harus bisa menyampaikan secara gamblang mengenai kondisi yang terjadi saat ini dan keputusan memperpanjang PPKM Darurat.

“Kita sampaikan saja secara transparan bahwa keadaan seperti ini. Kalau tidak kita perkuat, maka lonjakan bisa ke arah skenario buruk,” ujar Dicky saat dihubungi, Jumat (16/7/2021).

Baca Juga: Menko PMK: Bapak Presiden Putuskan PPKM Darurat Diperpanjang Sampai Akhir Juli 2021

Dicky juga menilai keputusan pemerintah untuk memperpanjang PPKM Darurat sudah tepat.

Menurut Dicky jika tidak dilanjutkan maka penularan kasus Covid-19 yang belakangan ini meningkat bakal lebih berbahaya lagi.

Dalam catatannya, growth rate atau pertumbuhan kasus di awal PPKM Darurat pada 3 Juli di angka 38,3 persen dan meningkat pada 9 Juli menjadi 45,4 persen.

Kemudian angka reproduksi Covid-19 dari 3 Juli di angka 1,37 dan meningkat menjadi 1,4 pada 9 Juli 2021.

Meski ada penurunan namun angka reproduksi Covid-19 saat ini tetap stabil di angka 1,37, artinya kemampuan penyebaran dan pertumbuhan Covid-19 di tengah masyarakat tetap positif.

Baca Juga: Presiden Jokowi Larang Menteri ke Luar Negeri Selama PPKM Darurat, Kecuali Menlu

Namun di sisi lain ada harapan bahwa PPKM Darurat ini memberikan dampak positif untuk menekan pertumbuhan kasus.

“Nah inilah yang harus disadarkan pada semua orang dua minggu ini ayo bekerja sama, bahu membahu. Masyarakat juga diberikan penyadaran (kasus harian) kita sudah jadi center Asia, jadi jangan ada pengabaian lagi dan diperkuat sekarang,” ujarnya.

Pemerintah akan memperpanjang PPKM Darurat hingga akhir bulan Juli 2021. Hal ini disampaikan Menko PMK Muhadjir Effendy.

“Tadi rapat kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo sudah diputuskan bapak Presiden (PPKM Darurat) dilanjutkan sampai akhir Juli. Sampai akhir Juli PPKM," ujar Muhadjir saat meninjau Hotel University Club UGM yang dijadikan shelter pasien Corona, Sleman pada Jumat (16/9/2021).

Menurut Muhadjir perpanjangan PPKM Darurat ini memang punya banyak risiko. Ia meminta masyarakat meningkatkan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran Covid-19.

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Menko PMK: Tapi Pemerintah Tak Mungkin Tanggung Bansos Sendiri

Muhadjir juga menyebut di tengah PPKM Darurat ini semua pihak harus tetap saling membantu dan bergotong royong.

"Perpanjangan ini memang banyak risiko. Termasuk bagaimana supaya seimbang, bersama-sama antara tadi itu meningkatkan disiplin warga untuk mematuhi protokol kesehatan dan standar PPKM dan bantuan sosial," ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x