Kompas TV kolom budiman tanuredjo

PPKM Darurat To Be Continue... - Opini Budiman

Sabtu, 17 Juli 2021 | 09:01 WIB

Presiden Jokowi memberlakukan PPKM Darurat Jawa - Bali pada 3 Juli hingga 20 Juli 2021. PPKM Darurat dimaksudkan untuk mengendalikan mobilitas warga.

Ini adalah penanganan di bidang hulu. Mobilitas warga yang tinggi membuat potensi penularan Covid-19 semakin tinggi pula.

Lebih dari sepuluh hari berjalan, dampak PPKM Darurat belum tampak.

Laporan Kemenkes menyebutkan jumlah kasus terkonfirmasi positif masih tinggi. Pada hari Selasa 13 Juli 2021, dilaporkan angka 47.899 orang.

Koordinator PPKM Darurat Jawa - Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan situasi pandemi terkendali. Namun nyatanya angka positif masih cukup tinggi.

Hasil PPKM Darurat baru akan nampak pada pekan depan. Apakah PPKM Darurat bisa menurunkan angka penularan atau sama saja.

Tentunya ada beberapa variabel di sana. Variabel testing, variabel pelacakan, dan variabel penanganan.

Jika mengacu pada data mobility report yang disediakan Google, memang ada penurunan namun belum signifikan.

Google mengklasifikasi mobilitas masyarakat ke enam aspek destinasi yakni ritel dan rekreasi, toko bahan makanan dan apotek; taman; pusat transportasi umum, tempat kerja dan area pemukiman.

Semua data tersebut dikumpulkan hingga 8 Juli 2021. 

Penulis : Aryo bimo

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:03
KETUA KOMISI I DPR MEUTYA HAFID MINTA KEMENLU PASTIKAN WNI DI LUAR NEGERI BISA MENGAKSES VAKSIN COVID-19    KPK SIAP HADAPI GUGATAN PRAPERADILAN EKS DIREKTUR PEMERIKSAAN & PENAGIHAN DITJEN PAJAK ANGIN PRAYITNO AJI    MENDESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR: PER 15 JULI TOTAL PENYALURAN BLT DANA DESA CAPAI RP 5,9 TRILIUN    KEMENTERIAN PPPA MINTA TAK ADA KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK DALAM PENANGANAN PPKM    SATGAS TAMBAH KUOTA VAKSINASI COVID-19 DI GOR CIRACAS JADI 5.000 ORANG PER HARI UNTUK 17-18 JULI 2021    BLOK KHUSUS COVID-19 DI TAMAN PEMAKAMAN UMUM JOMBANG, CIPUTAT, TANGSEL TERSISA HANYA 50 PETAK MAKAM    IDI: 3.500 CALON DOKTER TAK BISA BANTU TANGANI PANDEMI COVID-19 KARENA TERHAMBAT ATURAN DITJEN DIKTI    KETUA DPR MINTA PEMERINTAH IMBANGI SOLIDARITAS MASYARAKAT DENGAN KEBIJAKAN YANG BERPIHAK PADA KESELAMATAN    BNPB PANGGIL MANAJEMEN DUA HOTEL TERKAIT DUGAAN PEMERASAN PELAKU PERJALANAN INTERNASIONAL SAAT KARANTINA    BNPB BANTAH TERLIBAT PEMERASAN PELAKU PERJALANAN YANG TIBA DARI LUAR NEGERI SAAT JALANI KARANTINA DI HOTEL    BNPB TEGASKAN PELAKU PERJALANAN INTERNASIONAL BERHAK LAKUKAN TES COVID-19 PEMBANDING SAAT KARANTINA    RSUD KOTA DEPOK DIDEDIKASIKAN MENJADI RUMAH SAKIT KHUSUS PENANGANAN COVID-19    MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS: DAGING KURBAN LANGSUNG DIANTAR KE WARGA, TAK BOLEH ADA KERUMUNAN    MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS: TAKBIR KELILING DI JALAN DAN MASJID YANG TIMBULKAN KERUMUNAN DILARANG