Kompas TV klik360 sinau

Deretan Hewan dengan Usia Hidup Paling Singkat, Apa Saja Ya?

Sabtu, 17 Juli 2021 | 18:01 WIB

KOMPAS.TV - Seperti jenisnya yang beragam, hewan juga memiliki umur yang berbeda-beda. Ada hewan yang bisa hidup panjang hingga ratusan tahun, ada juga yang hanya berusia satu hari.

Tahukah kamu, apa saja hewan yang memiliki usia hidup paling singkat? Melansir situs The Mysterious World, berikut hewan-hewan dengan usia terpendek:

1. Mayfly (Lalat Capung)

Lalat capung menjadi hewan dengan usia terpendek di bumi, yang hanya hidup selama 24 jam.

Sering dijuluki sebagai serangga satu hari, dan menghabiskan sebagian besar masa hidupnya menjadi nimfa.

2. Nyamuk

Nyamuk dapat hidup selama sekitar 10 hingga 56 hari, biasanya nyamuk betina memiliki usia yang lebih panjang hingga beberapa bulan.

Selain itu, hanya nyamuk betina yang menghisap darah, sedangkan nyamuk jantan bertahan hidup dengan mengonsumsi madu seperti lebah.

3. Drone Ant

Drone ant merupakan semut jantan yang bertahan hidup selama 3 minggu saja. Hewan ini punya perilaku yang cenderung malas dan tidak sering bekerja.

Semut pejantan menghabiskan hidupnya hanya untuk makan dan mengawini ratu semut.

4. Housefly (Lalat)

Housefly disebut juga lalat rumahan karena mudah ditemui di area rumah.

Usia hidup lalat rumahan sekitar 4 minggu saja, namun akan memiliki masa hidup yang lebih panjang jika tidak hidup di lingkungan luar.

Meski begitu, sekali bereproduksi tiap lalat betina bisa menghasilkan telur hingga 1.000 buah.

5. Dragonfly (Capung)

Capung atau dragon fly memiliki masa hidup sekitar 4 bulan. Kemampuan terbang capung yang tergolong lambat menyebabkan mereka lebih mudah dimangsa.

Selain itu, angin kencang dan kondisi iklim juga bisa menghambat perubahan larva menjadi capung.

6. Chameleon (Bunglon)

Umumnya, bunglon atau chameleon bisa mencapai usia dua hingga tiga tahun. Namun jenis Panther Chameleons hanya memiliki usia hidup sekitar satu tahun.

Jenis ini merupakan bunglon dengan usia terpendek di keluarga reptil dan bunglon.(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya

Sumber : kompas.com


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Polisi Ringkus 5 Tersangka Curanmor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:05 WIB
Berita Daerah

Seorang Remaja Tenggelam di Sungai

Jumat, 22 Oktober 2021 | 08:50 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:16
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19