Kompas TV regional berita daerah

Bebaskan Penumpang Bus Tanpa Rapid Tes, 2 Pelaku Pungli Ditangkap

Jumat, 16 Juli 2021 | 17:18 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV – Dua pelaku Pungutan Liar (Pungli) diringkus Satuan Porlesta Lampung selatan. Kedua pelaku yang diketahui berinisial B yang merupakan perwakilan setiap bus yang biasanya bertugas mengawasi penumpang, serta pelaku lain berinisial A yang merupakan oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang betugas di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan.

Penangkapan terhadap kedua pelaku ini setelah beredarnya video pungli terhadap sejumlah penumpang bus yang tak memiliki dokumen bebas covid 19 untuk bisa melakukan perjalanan ke pulau Jawa melalui pelabuhan Bakauheni Lampung.

Dalam video yang sudah beredar di jagat maya, seorang pria tengah menarik pungutan liar kepada sejumlah penumpang yang tidak memiliki hasil test antigen untuk melakukan perjalanan ke pulau Jawa melalui pelabuhan Bakauheni Lampung.

Baca Juga: Acungkan Golok ke Satpam, Preman Diringkus Polisi

Penumpang yang membayarkan uang senilai seratus ribu rupiah kepada petugas tersebut, maka akan di berikan akses perjalanan tanpa melakukan rapid tes covid 19.

Menindak lanjuti beredarnya video tersebut, satuan dari Polres Lampung Selatan langsung melakukan penangkapan terhadap keduanya. Senin (12/7).

Dari hasil pemeriksaan, kejadian pungli yang dilakukan terhadap kedua pelaku terjadi pada Minggu (11/7).

Dalam menjalankan aksi pungutan lianya, semula pelaku B mengawasi kelengkapan berkas hasil rapid tes covid 19 para penumpang bus, namun ketika ada sejumlah penumpang yang tidak memiliki dokumen bebas covid 19, pelaku pun langsung berkordinasi dengan pelaku berinisial A  untuk meloloskan para penumpang tanpa rapid tes ke pulau Jawa, dengan syarat membayarkan uang senilai seratus ribu rupiah.

Baca Juga: Stok Vaksin Terbatas, Vaksinasi Anak Bandar Lampung Ditunda

Setidaknya atas aksinya ini para pelaku telah meloloskan 4 unit bus, yang sejumlah penumpang di dalamnya tidak memiliki dokumen bebas covid 19 saat hendak menyeberang kepulau Jawa, dari aksinya ini pula pelaku mengantongi uang  senilai 1,3 juta rupiah.

Dalam release yang digelar pada Jumat (16/7), Kapolres Lampung Selatatan, AKBP Edwin menegaskan bahwa tidak ada ruang bagi para pelaku pungutan liar khususnya yang memanfaatkan untuk mencari keuntungan pribadi dimasa pandemi covid 19.

Ia juga menambahkan selain telah melakukan pengawasan masyarakat secara ketat di kawasan pelabuhan Bakauheni Lampung.

Juga telah dilakukan koordinasi kepada setiap kepala instansi pemerintahan dan keamanan untuk mengawasi secara ketat masing masing anggotanya agar tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum khususnya pungutan liar yang merugikan masyarakat ditengah masa pandemi covid 19.

#punglipenumpangbus #punglirapidtes #punglibakauhenilampung

Penulis : Kompastv Lampung

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:19
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19