Kompas TV video sinau

Profil Singkat Sumatra Utara, Penduduknya Terbesar Keempat di Indonesia

Kompas.tv - 17 Juli 2021, 10:31 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Provinsi Sumatra Utara (Sumut) terletak di bagian barat wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Berdasarkan data BPS tahun 2019, Sumatra Utara merupakan salah satu provinsi terluas di Pulau Sumatra dengan luas wilayah mencapai 72.981 kilometer persegi.

Dengan wilayah yang luas, Sumatra Utara juga menjadi provinsi dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia.

Survei BPS tahun 2020 mencatat, total populasi penduduk di provinsi ini sebanyak 14,80 juta jiwa.

Setidaknya terdapat 11 etnis atau suku bangsa yang bermukim di Sumatra Utara. Melansir olahan statistic BPS pada tahun 2010, jumlah penduduk terbesar yang tinggal di Provinsi Sumatra Utara adalah suku Batak, yakni sebanyak 44,75 persen dari total populasi.

Sementara itu, pusat pemerintahan dan ibu kota Provinsi Sumatra Utara terletak di Kota Medan. Secara administratif, provinsi ini terdiri dari 25 kabupaten dan 8 kota, dengan 450 kecamatan dan 6.132 desa/kelurahan.

Provinsi ini memiliki total 232 pulau yang telah memiliki nama, 6 pulau di antaranya berada di wilayah Pantai Timur Sumatra.

Wilayah Sumatra Utara berbatasan dengan Provinsi Aceh di utara, Selat Malaka di timur, Provinsi Riau dan Sumatra Barat di batas selatan, serta Samudra Hindia di sebelah barat.

Dari segi wisata, Sumatra Utara terkenal dengan keberadaan Danau Toba, danau terbesar di Indonesia. Luasnya mencapai 1.130 kilometer persegi, dan di tengah danau terdapat Pulau Samosir.

Selain itu, provinsi Sumatra Utara juga terkenal dengan makanan khas seperti bika ambon, lemang, dan kolak durian.

Dari segi budaya, Sumatra Utara memiliki beragam kebudayaan khas, salah satunya tari tradisional seperti Serampang Dua Belas dan Tari Tor-Tor.(*)

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x