Kompas TV bisnis kebijakan

Kasus Covid-19 Terus Melonjak, Pemerintah Jepang Pulangkan Warganya dari Indonesia

Kompas.tv - 16 Juli 2021, 14:03 WIB

KOMPAS.TV - Kedutaan Besar Jepang memulangkan warga Negara mereka yang ada di Indonesia, sebagai respons dari angka covid yang makin tak terkendali.

Sektor okupansi properti pun terdampak usai pemulangan WNA Jepang dari Indonesia.

Selain itu, Pemerintah Jepang dikabarkan tengah menyiapkan program vaksinasi Covid-19 untuk warga negaranya yang ada di luar negeri termasuk Indonesia.

"Saat ini Pemerintah Jepang sedang menyiapkan program vaksinasi bagi warga negara Jepang yang berada di luar Jepang," kata pihak Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang untuk RI (15/7)

Kedubes Jepang pun menegaskan pemerintahannya memastikan akan memberikan perlindungan terhadap warganya yang ingin pulang.

"Pemerintah Jepang, bersama dengan pihak swasta Jepang akan mengambil tindakan untuk mengantisipasi kesulitan mendapatkan penerbangan yang dialami warga Jepang di Indonesia dan sedapat mungkin melindungi keinginan warganya yang ingin kembali ke Jepang dalam waktu dekat," ucap Kedubes Jepang.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah Jepang tengah mempertimbangkan untuk mengatur penerbangan khusus bagi warga negara Jepang di Indonesia yang akan kembali ke Jepang.

Pertimbangan itu muncul setelah Indonesia tengah mengalami percepatan kasus penularan virus corona varian delta.

"Kami mulai mempertimbangkan untuk mengatur penerbangan khusus bagi orang Jepang di Indonesia untuk kembali ke Jepang, di mana situasi infeksinya serius menyebar luas," kata Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi pada Rabu (14/7/2021).

Hingga 12 Juli 2021 tercatat sedikitnya 14 orang Jepang yang tinggal di Indonesia meninggal dunia karena terinfeksi virus corona varian baru itu.

Maskapai penerbangan Jepang pun sedang melakukan penyesuaian untuk mengatur penerbangan khusus bagi warga negara Jepang yang ingin kembali ke Negeri Sakura sesegera mungkin.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x