Kompas TV regional berita daerah

Covid-19 Varian Delta Terdeteksi di Magelang, Ganjar Minta Pemkab Siapkan Skenario Terburuk

Kompas.tv - 16 Juli 2021, 08:06 WIB
covid-19-varian-delta-terdeteksi-di-magelang-ganjar-minta-pemkab-siapkan-skenario-terburuk
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Sumber: KOMPAS.com/Pemprov Jateng)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

MAGELANG, KOMPAS.TV - Kasus Covid-19 varian Delta telah terdeteksi di beberapa wilayah di Jawa Tengah, termasuk Magelang.

Merespons hal itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Pemerintah Kabupaten Magelang untuk siaga.

“Varian delta hampir ditemukan di beberapa daerah. Di Magelang ini saya titip pada kawan-kawan untuk siaga," kata Ganjar dikutip dari laman Pemprov Jateng, Jumat (16/7/2021). 

Tak hanya itu, Ganjar juga menginstruksikan agar daerah menyiapkan skenario terburuk jika ada peningkatan kasus Covid-19. 

Adapun skenario yang dimaksud yakni menambah tempat tidur, tenaga kesehatan, hingga pemenuhan oksigen bagi pasien Covid-19. 

"Kondisi kedaruratan harus disiapkan, apakah menambah tempat tidur, antisipasi kelangkaan oksigen dengan membentuk satgas oksigen di rumah sakit, nakes, dan lainnya,” jelasnya. 

Baca Juga: Dua Strategi Ganjar Pranowo Siapkan RS Khusus Covid-19 di Jateng

Ganjar juga menekankan edukasi dan sosialisasi pada masyarakat perihal Covid-19 juga harus lebih ditingkatkan, karena hingga saat ini menurut pengalamannya, masih ada warga yang tidak percaya Covid-19.

“Tadi ada cerita dari dokter di ICU. Beberapa pasien yang masuk hari ini, tidak percaya Covid. Tapi buktinya mereka kena dan harus dirawat di ICU. Ditanya sekarang percaya tidak, mereka baru percaya dan ditanya rasanya bagaimana, mereka kompak jawab tidak enak,” jelasnya.

Hal itulah yang menurut Ganjar harus jadi perhatian. Sosialisasi dan edukasi harus terus dilakukan agar penanganan pandemi bisa optimal.

Salah satu cara untuk memberikan edukasi, kata Ganjar misalnya dengan meminta pasien yang awalnya tidak percaya Covid-19 bisa membuat video testimoni untuk menceritakan kondisinya, kemudian disebarkan pesan itu pada masyarakat.

“Karena seberapapun kita menambah bed, menambah oksigen, nakes dan lainnya, itu tidak akan menyelesaikan pandemi," tegas Ganjar.

Mengingat, kata Ganjar, yang harus dilakukan adalah penanganan di sektor hulu, yakni edukasi pada masyarakat. Kalau semua taat protokol kesehatan, 5 M dijalankan, maka panedmi Covid-19 dapat segera diatasi. 

Baca Juga: Seluruh Exit Tol Jateng Bakal Ditutup, Ganjar Tegaskan untuk Kurangi Mobilitas Masyarakat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x