Kompas TV video cerita indonesia

Violinis Cilik di Aceh Gelar Konser Virtual

Kompas.tv - 16 Juli 2021, 00:33 WIB
Penulis : Herwanto

ACEH, KOMPAS.TV - Memanfaatkan libur sekolah Komunitas Biola Aceh menggelar latihan dan konser secara virtual. 

Komunitas yang berdiri tahun 2010 ini beranggotakan anak-anak.

Selain berlatih, selama pandemi Covid-19 mereka juga menggelar konser rutin bulanan secara daring. Konser mereka disiarkan langsung di media sosial dan youtube.

Violinis atau pemain biola ini dilatih oleh para profesional. Di komunitas ini selain biola beberapa alat musik lain juga diajarkan termasuk vocal.

Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah adalah G. Di antara keluarga biola, yaitu dengan biola alto, cello dan double bass atau kontra bass, biola memiliki nada yang tertinggi. Alat musik dawai yang lainnya, bas, secara teknis masuk ke dalam keluarga viol. Kertas musik untuk biola hampir selalu menggunakan atau ditulis pada kunci G.

Sebuah nama yang lazim dipakai untuk biola ialah fiddle, dan biola seringkali disebut fiddle jika digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional.

Di dalam bahasa Indonesia, orang yang memainkan biola disebut pemain biola atau violinis (bahasa Inggris: Violinist - bedakan dengan violis atau pemain viola). Orang yang membuat atau membetulkan alat musik berdawai disebut luthier. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x