Kompas TV nasional sosial

Awas! Ini Kesalahan Paling Umum yang Bikin Seleksi Administrasi CPNS Gagal Lolos

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 22:38 WIB
awas-ini-kesalahan-paling-umum-yang-bikin-seleksi-administrasi-cpns-gagal-lolos
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). (Sumber: AFP/JUNI KRISWANTO via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Rekruitmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) hingga hari ini masih dibuka. Bagi pejuang CPNS, penting untuk mengetahui apa saja kesalahan paling umum yang menyebabkan seseorang gagal lolos adminitrasi.

Untuk diketahui, sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, seleksi CPNS dilakukan melalui tiga tahap.

Tahapan seleksi CPNS adalah seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Baca Juga: Pendaftaran CPNS dan PPPK Sudah Dibuka, Berikut Kisaran Gajinya Jika Diterima

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono membeberkan kesalahan yang sering dilakukan yang membuat pendaftar CPNS tidak lolos seleksi administrasi.

Paryono mengatakan kesalahan yang menyebabkan pendaftar tidak lolos seleksi administrasi adalah dokumen dan kualifikasi pendidikan.

“Dokumen yang di-upload harus sesuai dengan yang dipersyaratkan,” kata Paryono, dikutip dari Kompas.com, Kamis (15/7/2021).

Adapun untuk kualifikasi pendidikan, pendaftar CPNS harus jeli dalam menyesuaikan formasi yang akan dilamar, terlebih terkait  jurusan atau program studi bagi lulusan S1.

“Kebanyakan itu (yang membuat pendaftar gagal lolos seleksi administrasi),” sambungnya.

Baca Juga: Daftar Institusi yang Membuka Seleksi CPNS bagi Lulusan SMA/SMK, Cek di Laman ssacsn.bkn.go.id

Selain membeberkan kesalahan paling umum dalam seleksi administrasi, Paryono juga menganjurkan pendaftar CPNS untuk memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan pendaftaran.

Saat membuat akun, Paryono, mengimbau pendaftar untuk berhati-hati dan teliti dalam menginput setiap informasi. Selain itu, pendaftar CPNS juga harus memperhatikan formasi dan instansi yang membuka pengumuman.

“Setelah itu silakan menentukan pilihan formasi dan instansi yang akan dilamar,” katanya.

Selain persiapan prapendaftaran, terdapat satu hal penting yang juga harus diperhatikan pendaftar CPNS, yakni foto yang diunggah.

Baca Juga: BKN Perbarui Daftar 10 Instansi di CPNS 2021 dengan Pelamar Terbanyak, Kemenkumham Teratas

BKN menganjurkan pendaftar untuk mengunggah foto yang memperlihatkan wajah dengan jelas dan tidak perlu full body agar foto dapat terdeteksi face recognition. Jika foto tidak terdeteksi, maka sistem akan terkunci.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x