Kompas TV regional update corona

Inovasi Pembuatan Oksigen dari Aerator Aquarium Oleh Dokter RS Pagelaran

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 20:50 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

CIANJUR, KOMPAS.TV - Dokter Jan Izaac Ferdinandus yang juga merupakan Direktur Rumah Sakit Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat saat memperkenalkan alat-alat untuk membuat oksigen bagi pasien saat kondisi darurat kehabisan stok oksigen dengan menggunakan mesin air pompa atau aerator aquarium dirinya mempelajari dari cara kerja aerator dan kandungannya saat bagaimana alat ini menciptakan oksigen.

Jan Izaac pun melakukan inovasi saat kondisi stok oksigen di rumah sakit yang dipimpinnya mulai habis sedangkan banyak pasien yang membutuhkan oksigen terutama pasien Covid-19. Inovasi oksigen buatan inipun akhirnya berhasil setelah dicoba di beberapa pasien saat kondisi darurat, baik bergejala sedang maupun berat.

Cara kerja alat ini pun terbilang sederhana hanya dengan menyiapkan mesim pompa aerator aquarium dihubungkan ke regulator oksigen yang diisi air mineral dan selang kecil untuk dihubungkan ke pasien dan selang kantung bagi pasien bergejala berat.

Oksigen yang dihasilkan dengan saturasi hingga mencapai sembilan puluh persen.

Melihat pasien banyak yang terbantu dengan oksigen inovasi ini, pihak Rumah Sakit pagelaran kini akhirnya menggunakan oksigen dari hasil inovasi aerator ini disaat kondisi darurat kehabisan tabung oksigen untuk pasien seperti saat ini.

Namun alat ini butuh penelitian mendalam untuk memisahkan antara nitrogen dan oksigen.

Meski begitu, alat ini tidak ada masalah saat digunakan dalam keadaan darurat kepada pasien.

Video Editor: Febi Ramdhani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x