Kompas TV nasional update corona

Satgas Covid-19 Tegaskan Penyuntikan Dua Kali Dosis Vaksin Cukup Membentuk Kekebalan Tubuh

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 17:57 WIB
satgas-covid-19-tegaskan-penyuntikan-dua-kali-dosis-vaksin-cukup-membentuk-kekebalan-tubuh
Wiku Adisasmito - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dalam Konferensi Pers Perkembangan Terkini Covid-19, Kamis, 12 November 2020 (Sumber: Sumber: Youtube BNPB)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, penyuntikan dua kali dosis vaksin cukup untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap virus Corona.

“Untuk saat ini, secara umum dua kali dosis vaksin sudah cukup bagi masyarakat umum untuk membentuk kekebalan individu,” kata Wiku Adisasmito, Kamis (15/7/2021).

Sebab, kata Wiku Adisasmito, berdasarkan studi ilmiah dua kali dosis vaksin menunjukkan rata-rata antibodi pada populasi dapat bertahan dalam jangka waktu bulanan bahkan tahunan.

“Walaupun secara fakta adanya berbagai macam varian dapat mempengaruhi transmisibilitas maupun efektivitas vaksin yang telah diberikan,” ujarnya.

Karena itu dalam penanganan Covid-19, sambung Wiku Adisasmito, badan kesehatan dunia, WHO, menyatakan bahwa vaksinasi merupakan hal yang sangat penting.

Baca Juga: Umumkan Positif Corona, Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito Minta Masyarakat Disiplin 3M

“Terutama dalam meminimalisir gejala yang ditimbulkan,” kata Wiku.

Bahkan dalam telaahan salah satu studi, Wiku menuturkan 183 di dunia menyatakan bahwa pasien yang sudah di vaksinasi dan positif memperlihatkan adanya penurunan mutasi yang terjadi.

“Oleh karena itu vaksinasi berperan penting dalam meminimalisir munculnya varian baru,” tegas Wiku.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x