Kompas TV regional berita daerah

Peduli Dampak Covid, Petani Bagi Hasil Panen Gratis

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 17:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Yudo prihatin adalah warga Demak Ijo, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, yang dikenal sebagai petani yang peduli terhadap sesama. Dimasa pandemi Covid 19 seperti saat ini, Yudo membagikan hasil sawah dan kebun sayurnya untuk warga sekitarnya yang terkena dampak Covid 19.

Hobbynya yang suka bercocok tanam, membuat lingkungan sekitar rumahnya terlihat ijo royo-royo. Tanaman sayur seperti tomat, seledri maupun terong, terlihat tumbuh subur di sekitar rumahnya. Warga sekitar dibebaskan mengambil buah maupun memetik sayuran, tanpa dipungut sepersen pun, karena tanaman sayuran ini memang diperuntukan bagi masyarakat sekitar.

Sementara itu, di sawah, Yudo juga menanam padi, cabe, bawang merah, kangkung, sawi dan sejumlah sayuran lain. Bila panen tiba, Yudo mengajak karang taruna setempat untuk mengemas hasil sayur. Sebagian hasil sayur tersebut ia jual, dan sebagian lagi ia bagikan gratis untuk warga Desa Demak Ijo dan sekitarnya.

Kepedulian Yudo ini mengundang simpati warga sekitar. Para tetangga mengaku sangat diuntungkan dengan apa yang dilakukan Yudo selama ini, sehingga bisa menghemat uang belanja harian.

Dengan aksi saling berbagi atau jogo tonggo ini, diharapkan ada ketahanan pangan dan ketenangan hati di tengah masyarakat, sehingga imun tubuh bisa terjaga.

#covid19 #klaten #jogotonggo #petani 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x