Kompas TV regional update corona

Bukan Hanya Angka, Cerita Petugas Makam Ini Menyadarkan Kita Soal Covid-19 di Indonesia

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 15:16 WIB
bukan-hanya-angka-cerita-petugas-makam-ini-menyadarkan-kita-soal-covid-19-di-indonesia
Suasana pemakaman korban Covid-19 di TPU Rorotan, Jakarta Utara, Rabu (23/6/2021). Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di DKI Jakarta pada hari tersebut naik 3.514 kasus. Penambahan jumlah kasus tersebut menaikkan angka jumlah total kasus Covid-19 di DKI Jakarta menjadi 486.957 kasus. (Sumber: Kompas.id/Rony Ariyanto)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Gading Persada

SLEMAN, KOMPAS.TV – Pergulatan petugas makan jenazah Covid-19 bukan hanya sekadar angka yang dihitug-hitung.

Cerita mereka yang mengurusi jenazah penderita Covid-19 yang jumlahnya ratusan per minggu, seperti Sleman, D.I Yogyakarta mestinya jadi penyadar bagaimana menggilanya Covid-19 di Tanah Air.

Selama periode 1 hingga 14 Juli 2021, Tim Dekontaminasi dan Pemakaman Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Sleman, telah memakamkan 534 jenazah pasien Covid-19.

Bukan hanya itu, mereka juga melakukan pemulasaran sebanyak 129 jenazah warga yang meninggal dunia saat melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

"Selain itu kami juga beberapa kali melakukan pertolongan dan pemulasaraan warga terpapar COVID-19 yang meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit," kata Koordinator Tim Dekontaminasi dan Pemakaman Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sleman, Makwan seperti dilansir dari ANTARA, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga: Warga Ambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19, Petugas Tak Bisa Berbuat Apa-apa

Makwan bercerita, dari ratusan jenazah yang dimakam pada rentan 14 hari itu, kebanyakan meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit. 

Umumnya dibawa menggunakan kendaraan pribadi, bukan ambulans.

Dalam beberapa hari terakhir, lanjut Makwan, Tim Dekontaminasi dan Pemakaman agak kewalahan mengurusi jenazah pasien Covid-19.

”Banyak permintaan pemakaman jenazah baik dari rumah sakit maupun warga. Dalam satu hari bisa mencapai di atas angka 30 lebih permintaan pemakaman dan pemulasaraan," katanya.



Sumber : Kompas TV/Ant

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.