Kompas TV nasional gaya hidup

Penggunaan Plastik Meningkat, Berikut 8 Tips untuk Tetap Ramah Lingkungan Selama di Rumah Aja

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 14:39 WIB
penggunaan-plastik-meningkat-berikut-8-tips-untuk-tetap-ramah-lingkungan-selama-di-rumah-aja
Produksi sampah di Jakarta selama Ramadhan 2019 meningkat dibandingkan dengan 2018. Sisa makanan mendominasi sampah yang masuk ke TPA Bantargembang, Bekasi. (Sumber: Kompas.id/Aguido adri)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pola hidup di rumah aja selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (Protokol Darurat Kesehatan) bisa jadi bumerang dan melahirkan sikap apatis terhadap lingkungan. Bagaimana tidak, hampir sebagian pola konsumsi sehari-hari dilayani dengan plastik dan energi.

Ketentuan Protokol Darurat Kesehatan yang mengatur rumah makan dan restoran dengan hanya bisa melayani take-away dan delivery memaksa restoran dan usaha-usaha kecil lainnya untuk menggunakan plastk sekali pakai.

Bukan hanya plastik dan sampah medis, penggunaan energi selama di rumah saja juga meningkat dari sebelum pandemi.

Baca Juga: Mendaur Ulang Tutup Botol Plastik Jadi Kabel USB

Sebelumnya, Tim Teliti Sampah Plastik LIPI melakukan survei online terkait penggunaan sampah plastik selama pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat dan Makassar pada 20 April - 5 Mei 2020.

Hasil penelitian pada 1095 responden usia 15 tahun ke atas, menunjukkan bahwa selama pandemi di Jabodetabek, sampah plastik dari jasa antar paket meningkat 62 persen. Sementara plastik dari jasa antar makanan siap saji meningkat 47 persen.

“Di Jabodetabek, semua responden mengaku mengalami peningkatan delivery paket dan makanan. Untuk di provinsi lainnya, beberapa responden mengaku mengalami peningkatan namun beberapa lainnya mengalami penurunan delivery paket dan makanan,” jelas Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI yang juga tergabung dalam Tim Teliti Sampah Plastik LIPI, Intan Suci Nurhati dikutip dari laman resmi LIPI pada Kamis (15/7/2021).

Intan menyebut mayoritas responden yang sebelumnya hanya melakukan belanja online 1 hingga 5 kali dalam satu bulan, menjadi 1 hingga 10 kali selama PSBB atau WFH, khususnya di wilayah Jabodetabek. Pembelian online didominasi oleh makanan, disinfektan, obat, dan alat pelindung diri. 

“Pembelian obat meningkat dari 14,1 persen menjadi 36,5 persen; alat pelindung 4,6 persen menjadi 34,6 persen; disinfektan meningkat dari 10,0 persen menjadi 42,1 persen. Sebaliknya, pembelian online kosmetik menurun 31,6 persen menjadi 28,5 persen; terkait hobi dan olahraga 26,0 persen menjadi 18,0 persen; dan busana menurun dari 50,7 persen menjadi 24,7 persen,” terang Intan.

Baca Juga: Inovasi Unik! Mengubah Sampah Upacara Jadi Eco Enzym



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x