Kompas TV nasional peristiwa

Kapolri: Herd Immunity Dapat Terwujud di Agustus-September 2021

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 13:27 WIB
kapolri-herd-immunity-dapat-terwujud-di-agustus-september-2021
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo lakukan peninjauan vaksinasi di SMAN 38 Jakarta, Kamis (15/7/2021). (Sumber: Dok. Divisi Humas Polri )
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan dirinya optimistis herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus Corona dapat terbentuk pada akhir Agustus hingga September 2021. 

"Target kita akhir tahun paling tidak, atau menjelang bulan Agustus, September, herd immunity segera bisa terwujud," kata Listyo Sigit, Kamis (15/7/2021), saat melakukan peninjauan vaksinasi massal di SMAN 38 Jakarta. 

Kapolri menyampaikan, jika kekebalan kelompok sudah terwujud, roda perekonomian masyarakat akan bisa segera bangkit dan pulih. 

"Masyarakat diharapkan bisa kembali laksanakan aktivitasnya sehingga pemulihan ekonomi bisa berjalan dengan baik," ujar mantan Kabareskrim itu. 

Baca Juga: Firli Bahuri Beri Saran Soal Pelaksanaan Vaksin Berbayar, Singgung Risiko Tinggi dari Sisi Medis

Salah satu hal yang mendorong terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity ini ialah antusiasme tinggi peserta vaksinasi anak usia 12 tahun ke atas seperti yang dilaksanakan di SMAN 38 Jakarta hari ini. 

Vaksinasi di SMAN 38 merupakan kerjasama antara Polri dengan PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). 

Target dari vaksinasi massal di SMAN 38 yaitu 1.000 orang per hari dan akan diselenggarakan dua hari yakni pada 15-16 Juli 2021. 

Sigit berharap, kolaborasi vaksinasi massal ini bisa berlanjut ke seluruh wilayah di Indonesia. 

"Saya harap kegiatan ini bisa terus berlanjut di beberapa wilayah sehingga upaya akselerasi vaksin dalam rangka membentuk herd immunity yang tentunya kami tunggu-tunggu, sehingga kemudian kehidupan masyarakat bisa kembali pelan-pelan pulih normal. Tentunya kita harapkan ini semua bisa segera tercapai," ujar Sigit. 

Selain itu, vaksinasi massal juga diadakan di Universitas Indraprasta Jakarta hasil kerjasama Polri dengan PB SEMMI (Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia) dengan target 1.000 orang per hari. 

Baca Juga: Mulai Pukul 10.00 WIB Titik Penyekatan Hanya Boleh Dilalui Nakes dan TNI-Polri, Cek Lengkapnya!

 



Sumber : Kompas TV/Divisi Humas Polri


BERITA LAINNYA



Close Ads x