Kompas TV nasional update corona

Vaksinasi bagi Pelaut, Bagaimana Mekanismenya?

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 12:05 WIB
vaksinasi-bagi-pelaut-bagaimana-mekanismenya
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Pelaut menjadi kelompok pekerja yang mendapat prioritas menerima vaksin.

Hal ini melihat, pelaut berada di garda depan dalam kelancaran logistik nasional.

Hal itu merupakan usulan yang dikemukakan oleh DPP Indonesian National Shipowners’ Association (INSA).

Sejak dimulai program vaksinasi, DPP INSA terus mendorong program vaksinasi pelaut dilakukan di pelabuhan-pelabuhan di Indonesia.

Apalagi International Maritime Organization (IMO) juga menetapkan pekerja maritim sebagai keyworkers.

Mereka yang berperan menjamin ketersediaan barang, termasuk alat kesehatan dan obat-obatan selama pandemi ini, di seluruh Indonesia.

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto di Jakarta mengatakan, DPP INSA menaruh perhatian serius terhadap kesehatan dan keselamatan pekerja,

khususnya para pelaut di atas kapal. Karena itu, peran pelaut ini terbilang sangat besar.

”Kami sejak awal menaruh perhatian serius terhadap keselamatan mereka dan berusaha agar pelaut ini bisa mendapatkan vaksin secepatnya di seluruh Indonesia,” kata Carmelita, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga: Olivia Rodrigo Sampaikan Pidato Pentingnya Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Muda di Gedung Putih

Hal yang sama dikatakan Ketua SDM Bidang Pelaut DPP INSA Capt Johan Novitrian bahwa, sejak Maret 2020, DPP INSA selalu mengingatkan mengenai bahaya Covid-19 dan perlunya penanganan yang tepat dalam kegiatan kerja di perusahaan pelayaran, serta pengoperasian kapal-kapal anggota INSA.

Awal 2021, DPP INSA melakukan pendekatan melalui Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk melaksanakan program vaksinasi mandiri bagi perusahaan pelayaran anggota INSA.

INSA juga terlibat aktif dalam program vaksinasi mitra kerja Kementerian Perhubungan yang dilaksanakan pada Maret dan April 2021.

”Memang ada tantangan dalam pendataan pelaut penerima vaksin ini, di mana domisili pelaut, jenis kapal yang menjadi tempat kerja dan jadwal istirahat pelaut berbeda satu sama lain,” kata Johan.

Perjuangan INSA pun direspons positif oleh pemerintah dengan dilaksanakannya Program Vaksinasi untuk 10.000 pelaut dan pekerja pelayaran di Terminal Penumpang Nusantara, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Berdasarkan hasil rekapitulasi data dari Balai Kesehatan Kerja Pelayaran, per 23 Juni 2021, tercatat sudah 11.042 pelaut telah divaksin di Pelabuhan Tanjung Priok dan Sunda Kelapa.

”Kami berterima kasih atas kepada pemerintah, terlebih kepada INSA yang telah mengupayakan sejak awal agar pelaut mendapat vaksinasi secepatnya,” kata Capt Muhammad Syamsudin, Nakhoda Kapal Crewboat Pan Marine 9, yang telah divaksin.

Baca Juga: Hari Pelaut Sedunia 2021, Kemenhub Genjot Vaksinasi Covid-19 untuk Pelaut di Kawasan ASEAN



Sumber : Kompas TV/Kompas.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x