Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Berapa Lama Daging Kurban Boleh Disimpan? Ini Penjelasan Ahli Gizi

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 07:05 WIB
berapa-lama-daging-kurban-boleh-disimpan-ini-penjelasan-ahli-gizi
Berikut ini tiga kelompok yang berhak menerima daging kurban (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Dian Nita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tahun ini, Hari Raya Kurban jatuh pada 20 Juli 2021. Biasanya, perayaan Idul Adha yang diperingati setiap 10 Dzulhijjah ini identik dengan pembagian daging kurban.

Banyaknya orang yang berkurban baik kambing, sapi, kerbau, maupun domba membuat daging yang kita terima tidak bisa dihabiskan dalam satu hari.

Pertanyaan berapa lama penyimpanan daging kurban sebenarnya sudah ada sejak zaman nabi Muhammad SAW.

Waktu itu, Rasullah pernah melarang menyimpan daging kurban lebih dari 3 hari dengan alasan banyak orang yang kelaparan sehingga dianjurkan untuk menyedekahkannya.

Baca Juga: Bosan dengan Olahan Daging Biasa? Coba 3 Resep Daging Mewah Ini Yuk!

"Dari Salamah bin Al-Akwa Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata : “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda : “Barangsiapa di antara kamu menyembelih kurban, maka janganlah ada daging kurban yang masih tersisa dalam rumahnya setelah hari ketiga”.

Namun pada tahun berikutnya, saat kondisi ekonomi masyarakat pada zaman itu sudah membaik, Rasulullah membolehkan untuk menyimpan daging kurban.

"Makanlah, berilah makan, dan simpanlah, karena sesungguhnya tahun yang lalu, menusia tertimpa kesusahan, maka aku menghendaki agar kamu menolong padanya." (HR Bukhari no. 569, Muslim, no, 1974)

Baca Juga: Menag Yaqut Ingatkan Aturan Takbiran hingga Penyembelihan Hewan Kurban di Hari Raya Iduladha

Lalu, berapa lama penyimpanan daging kurban agar tak kehilangan nutrisinya?

Dokter spesialis gizi dr Raissa Edwina Djuanda mengungkapkan, daging kurban aman disimpan dan dikonsumsi setelah dua hingga tiga bulan.

Namun, dr Raissa mengatakan hal itu apabila daging kurban disimpan dalam freezer. Apabila disimpan di pendingin biasa, maka daging kurban hanya bisa bertahan satu hingga dua hari saja.

"Jika ingin lebih lama (menyimpan), dapat masukkan ke dalam freezer. Dalam freezer dapat disimpan hingga dua sampai tiga bulan," ungkap dr Raissa dikutip dari Kompas.com, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga: Simak! Inilah 3 Kelompok yang Berhak Menerima Daging Kurban

Selain itu, penyimpanan juga boleh dilakukan dengan cara mengolah terlebih dahulu seperti menjadi sosis, ham, bacon, dan lain-lain.

dr Raissa juga mengatakan, kualitas nutrisi daging kurban yang segar dengan yang sudah tersimpan tidak jauh berbeda apabila disimpan dengan cara yang benar yaitu dimasukkan ke dalam wadah tertutup.



Sumber : Kompas TV/Kompascom

BERITA LAINNYA



Close Ads x