Kompas TV nasional kesehatan

Pemerintah Beli 50 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Pfizer untuk Mempercepat Vaksinasi Nasional

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 23:24 WIB
pemerintah-beli-50-juta-dosis-vaksin-covid-19-pfizer-untuk-mempercepat-vaksinasi-nasional
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech (Sumber: BioNTech via Xinhua)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah menjalin kesepakatan pembelian vaksin Covid-19 dengan PT Pfizer Indonesia dan BioNTech SE.

Dengan demikian, maka Indonesia akan menerima 50 juta dosis vaksin Pfizer pada tahun ini.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memuji pihak Pfizer dan BioNTech yang mau menjalin kesepakatan pengadaan vaksin Covid-19.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerja samanya dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan vaksin COVID-19 di Indonesia,” kata Menkes Budi Gunadi dalam keterangan resminya, Rabu (14/5/2021).

Baca Juga: Antusiasme Vaksinasi Warga di Sejumlah Daerah Tinggi, Persediaan Vaksin Malah Habis

Budi optimistis, pembelian vaksin Pfizer ini dapat mempercepat vaksinasi dan pembentukan kekebalan kelompok (herd immunity) di Indonesia.

"Dengan bertambahnya stok vaksin 50 juta dosis merk Pfizer ini diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan vaksinasi di Indonesia," ujarnya.

Vaksin Pfizer adalah salah satu merek vaksin untuk program vaksinasi pemerintah. Itu berarti, masyarakat dapat menerima vaksin ini secara gratis.

Budi mengatakan, masyarakat dapat menerima vaksin Pfizer usai Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) selesai memproses izin penggunaan darurat (EUA).

“Penggunaan vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 hanya dapat dilakukan setelah mendapat izin edar atau persetujuan penggunaan pada masa darurat dari Badan POM,” kata Budi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.