Kompas TV feature discography

5 Peristiwa Penting 15 Juli: Produsen Pesawat Terbang Boeing Didirikannya

Kompas.tv - 15 Juli 2021, 05:15 WIB
5-peristiwa-penting-15-juli-produsen-pesawat-terbang-boeing-didirikannya
Pesawat generasi terbaru Boeing 737 MAX 8 saat terbang untuk pertama kalinya di Renton, Washington, Amerika Serikat, 29 Januari 2016. Pesawat ini merupakan seri terbaru dan populer dengan fitur mesin hemat bahan bakar dan desain sayap yang diperbaharui.( (Sumber: AFP PHOTO/GETTY IMAGES/STEPHEN BRASHEAR))
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Hari Kamis ini tepat jatuh pada tanggal 15 Juli. Cukup banyak peristiwa-peristiwa yang patut diingat terjadi di dalam dan luar negeri.

Rangkaian peristiwa itu bukan hanya untuk dijadikan kenangan semata namun juga untuk menambah pengetahuan kita.

Berikut ini KompasTV rangkumkan dari berbagai sumber sebanyak 5 peristiwa penting yang terjadi pada 15 Juli:

1. Penemuan Batu Rosseta

Batu Rosseta (Sumber: britanica)

Peristiwa penting pertama pada 15 Juli adalah penemuan Batu Rosetta oleh Pierre Bouchard pada tahun 1799 di Rashid (Rosetta).

Batu Rosetta adalah prasasti batu granodiorit yang ditemukan di Rashid atau Rosetta yakni sebuah kota pelabuhan di laut Mediterania di Mesir. Kota ini terletak 65 km di sebelah timur Iskandariyah.

Prasasti ini berukuran tiga versi dari sebuah maklumat yang dikeluarkan di Memohis, Mesir pada 196 SM selama dinasti Ptolemaik atas nama Raja Ptolemaios V.

Teks maklumat di bagian atas dan tengah prasasti ditulis dalam bahasa Mesir Kuno dengan aksara hierogkif dan demotik sementara bagian bawahnya ditulis dalam bahasa Yunani Kuno.

Karena perbedaan ketiga versi maklumat ini tidak banyak, Batu Rosetta pun menjadi kunci bagi penguraian hieroglif Mesir yang pada akhirnya meluaskan wawasan mengenai sejarah kuno Mesir.

Baca Juga: 5 Peristiwa Penting pada 14 Juli: Revolusi Prancis Dimulai hingga Jenderal Purn Hoegeng Wafat

2. Boeing Didirikan

Pesawat Boeing 737 MAX 8 parkir di tarmac pabrik pesawat Boeing di Renton, Washington, Amerika Serikat, 8 Desember 2015. Pesawat ini merupakan seri terbaru dan populer dengan fitur mesin hemat bahan bakar dan desain sayap yang diperbaharui. (Sumber: AFP PHOTO/JASON REDMOND)

Tanggal 15 Juli 1916 produsen pesawat terbang ternama dunia Boeing didirikan dengan nama Pacific Aero Products di Seattle, Amerika Serikat (AS).

The Boeing Company adalah perusahaan multinasional yang merancang, memproduksi, dan menjual pesawat terbang, pesawat rotor, roket, dan satelit.

Perusahaan ini juga menyediakan jasa penyewaan dan dukungan produk. Boeing adalah salah satu produsen pesawat terbesar dunia juga kontraktor pertahanan terbesar kedua di dunia berdasarkan pendapatan tahun 2015, serta merupakan eksportir terbesar di Amerika Serikat berdasarkan nilai dolar. Saham Boeing adalah komponen dari Dow Jones Industrial Average.

Kantor pusat perusahaan The Boeing Company berlokasi di Chocago dan dipimpin oleh Presiden dan CEO Dennis Muilenburg.

Boeing diorganisasi menjadi lima divisi utama, Boeing Commercial Airplanes, Boeing Defense, Space and Security, Enginering, Operations and Technology, Boeing Capital, dan Boeing Shared Services Group.



Sumber : Kompas TV/berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x