Kompas TV nasional peristiwa

Dirjen Hubdat Gelar Vaksinasi Covid-19 di 12 Terminal Tipe A dari Banten Hingga Jawa Timur

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 22:20 WIB
dirjen-hubdat-gelar-vaksinasi-covid-19-di-12-terminal-tipe-a-dari-banten-hingga-jawa-timur
Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi dalam konferensi pers virtual, Rabu (14/7/2021) (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, mengatakan bakal menggelar vaksinasi Covid-19 di 12 terminal tipe A dari Banten hingga Jawa Timur mulai Kamis (15/7/2021).

"Ini sudah beberapa kali dilakukan rapat dengan Menteri Perhubungan sehingga pelaksanaannya bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat, TNI serta Polri," kata Budi Setyadi dalam konferensi pers virtual di kanal YouTube Ditjen Perhubungan Darat, Rabu (14/7/2021).

Budi menjelaskan, ada dua terminal yang lebih dulu akan menggelar kegiatan vaksinasi gratis Covid-19 yaitu Terminal Indihiang di Kota Tasikmalaya dan Terminal Guntur Garut di Jawa Barat.

Baca Juga: Kemenkes: Vaksin Gotong Royong Tidak Hilangkan Hak Masyarakat untuk Vaksinasi Gratis

Sementara sepuluh terminal lainnya, yaitu Terminal Pakupatan (Banten), Terminal Leuwi Panjang (Bandung), Terminal Bulu Pitu (Purwokerto), Terminal Tirtonadi (Solo), Terminal Arjosari (Malang).

Lalu, Terminal Gayatri (Tulung Agung), Terminal Kertonegoro (Ngawi), Terminal Purbaya (Surabaya), Terminal Pulo Gebang (Jakarta Timur), dan Terminal Kampung Rambutan (Jakarta Timur) akan dilaksanakan di hari-hari berikutnya.

Diketahui, sebelumnya Kementerian Perhubungan juga sudah pernah melakukan vaksinasi Covid-19 di Terminal Tipe A Mengwi, Bali pada 8 hingga 13 Juli 2021.

Baca Juga: KAI Buka Layanan Vaksinasi Gratis Covid-19 di Tujuh Stasiun, Mana Saja?

Dari vaksinasi yang dilakukan enam hari, tercatat sebanyak 1.464 orang sudah terima vaksinasi Covid-19. Adapun jenis vaksin yang diberikan ada dua, yakni AstraZeneca dan Sinovac.

Sementara itu, target jumlah penerima vaksinasi dari 12 terminal di Banten hingga Jawa Timur itu ditargetkan sebanyak 10.000 orang.

Adapun penerima yang akan disuntik vaksin perlu mendaftar lebih dulu di terminal masing-masing dengan kuota 500 hingga 1300 penerima di setiap terminal.

"Pendaftaran tidak go show, tetapi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin  harus mendaftar lebih dulu, supaya mencegah kerumunan di lokasi vaksinasi," kata Budi.

Baca Juga: Jokowi Apresiasi Vaksinasi Door To Door Pelajar

Vaksinasi Covid-19 di sejumlah terminal di Pulau Jawa akan dimulai besok, Kamis (15/7/2021) yakni di Terminal Guntur Garut dan terminal Indihiang. Sedangkan tempat lain, hingga kini masih dalam proses koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan pihak terkait.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.