Kompas TV internasional kompas dunia

Berapa Dosis Vaksin Covid-19 yang Dibutuhkan untuk 70 Persen Populasi Dunia? Ini Kata PBB

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 22:34 WIB
berapa-dosis-vaksin-covid-19-yang-dibutuhkan-untuk-70-persen-populasi-dunia-ini-kata-pbb
Vaksin AstraZeneca-Oxford dari program berbagi vaksin COVAX diturunkan dari pesawat di Bandara Internasional Entebbe, Uganda, 5 Maret 2021 (Sumber: Xinhua/Hajarah Nalwadda)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

PBB, KOMPAS.TV -- Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB Antonio Guterres pada Selasa (13/07/2021) mengatakan, 11 miliar dosis diperlukan untuk vaksinasi 70 persen populasi dunia demi mengakhiri pandemi Covid-19.

"Janji-janji dosis vaksin dan dana disambut baik, namun itu tidak cukup. Kita membutuhkan setidaknya 11 miliar dosis untuk memvaksinasi 70 persen populasi dunia dan mengakhiri pandemi ini," kata Guterres pada pembukaan segmen tingkat menteri dari Forum Politik Tingkat Tinggi tentang Pembangunan Berkelanjutan.

Forum itu adalah platform tertinggi untuk meninjau implementasi Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan dan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

"Setiap orang, di mana pun, harus punya akses terhadap vaksin, tes, perawatan, dan dukungan Covid-19," kata Sekjen PBB itu.

"Pengembangan dan peluncuran vaksin, termasuk melalui mekanisme ekuitas global, ACT-Accelerator, dan fasilitas COVAX-nya, yah, memberi harapan," lanjutnya.

Guterres mengatakan, "kesenjangan vaksinasi global mengancam kita semua." Sebab, ketika virus bermutasi, maka akan bisa lebih menular, atau bahkan lebih mematikan.

Guterres mengungkap hal tersebut seraya menyindir adanya "akses yang tidak merata" di seluruh dunia dan negara ke berbagai layanan dan fasilitas tersebut, terutama vaksin,

Baca Juga: Pimpin Pertemuan COVAX, Menlu Indonesia Retno Marsudi Dorong Percepatan Distribusi Vaksin Covid-19

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyampaikan pidato sebelum KTT Uni Eropa di Brussel, Belgia, pada 24 Juni 2021. (Sumber: Xinhua via European Union)

"Dunia membutuhkan rencana vaksinasi global dengan cara setidaknya menggandakan produksi vaksin, memastikan distribusi yang merata melalui COVAX, mengoordinasikan implementasi dan pembiayaan, serta mendukung program imunisasi nasional," kata Guterres.

"Demi mewujudkan rencana ini, saya telah menyerukan Satuan Tugas Darurat yang menyatukan negara-negara yang memproduksi dan dapat memproduksi vaksin, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mitra ACT-Accelerator dan lembaga keuangan internasional, untuk mampu menangani perusahaan farmasi dan produsen terkait, serta pemangku kepentingan utama lainnya," kata Guterres.

"Saat ini, sangat penting untuk sepenuhnya membiayai ACT-Accelerator dan mendukung peta jalan investasi 50 miliar dolar AS yang akan dipimpin oleh Dana Moneter Internasional IMF, Bank Dunia, Organisasi Kesehatan Dunia WHO, dan Organisasi Perdagangan Dunia WTO, demi mengakhiri pandemi dan menjamin pemulihan global," kata Guterres.



Sumber : Kompas TV/Xinhua

BERITA LAINNYA



Close Ads x