Kompas TV regional berita daerah

TMMD Kodim 0904 Paser Melawan Buta Aksara Dan Ketahanan Pangan

Kompas.tv - 14 Juli 2021, 18:47 WIB

PASER, KOMPAS.TV - Inilah Desa Kerang Dayo, desa di wilayah Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Masyarakat Desa Kerang Dayo mayoritas berprofesi sebagai petani karet, sawit dan jagung.

Kondisi jalan ke lahan pertanian masih sangat sulit dilalui oleh para petani, karena masih berupa jalan setapak. Hal inilah yang menyebabkan para petani sering terhambat dalam mendistribusikan hasil panennya.

Mayoritas masyarakatnya tidak bisa membaca dan menulis atau biasa disebut buta aksara,  mereka hidup di dataran tinggi dengan akses jalan yang sulit dilalui dari pusat desa, serta minimnya fasilitas komunikasi.

Untuk menjawab segala permasalahan yang ada di desa ini, Kodim 0904 Paser bekerjasama dengan pemerintah Kab. Paser serta unsur kepolisian, mengadakan program tentara manunggal membangun desa ke 111 yang dilaksanakan mulai tanggal 15 Juni sampai dengan 15 Juli 2021 yang berlokasi di Desa Kerang Dayo yang merupakan wilayah teritorial binaan
Kodim 0904 Paser.

TMMD ke 111 Kodim 0904 Paser ini bertujuan untuk membuka akses lahan dan pangan, dengan harapan/ masyarakat akan lebih produktif dengan terbukanya akses jalan dan juga menghapus buta aksara.

Selain pembangunan sarana infrastruktur desa, anggota TNI melakukan penyulugan tentang pengembangan program pertanian, untuk ketahanan pangan.

Misalnya, memberikan pelatihan bagi masyarakat dalam pembuatan eco enzyme yang sudah digagas oleh Kodim 0904 Paser yang telah mengantongi ijin resmi. Agar memberikan manfaat lebih kepada masyarakat sekitar Desa Kerang Dayo.

Tak hanya itu, selama kegiatan TMMD ke 111 berlangsung, babinsa Kodim 0904 Paser berperan aktif mendedikasikan waktu, tenaga dan pikiran untuk mengajar baca tulis bagi warga di desa buta aksara.

Menurut Dandim 0904 Paser, Letkol CZI Widya Wijanarko, semoga dengan terlaksananya TMMD ke 111 Kodim 0904 Paser ini, dapat memberikan manfaat besar bagi kehidupan di Desa Kerang Dayo dan sekitarnya.

#TMMDPaser#DesaKerangDayo#Kodim0904Paser



Sumber : Kodim 0904 Paser

BERITA LAINNYA



Close Ads x